RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2-1
Nama Sekolah : .................
Program Keahlian : ....................
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas /
Semester : X / 3
Pertemuan ke
: 1-4
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Indonesia setara
tingkat madia
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyimak untuk menyimpulkan informasi
yang tidak
bersifat perintah dalam konteks bekerja
KKM
: 70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa : Cinta
Tanah Air (Cara berfikir, bersikap, dan
berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan
politik bangsa)
Indikator:
* Informasi lisan tentang kedudukan dan fungsi
bahasa Indonesia diubah ke dalam bentuk non-verbal (bagan/tabel/diagram/ grafik/ denah/matriks) sebagai wujud cinta tanah air
* Hubungan antara bahasa dan perkembangan
budaya, bahasa dan proses berpikir,
bahasa dan logika, bahasa dan matematika diidentifikasi sebagai wujud cinta tanah air.
* Hubungan antarevidensi/fakta digunakan untuk
melengkapi paragraf/wacana dengan kalimat yang koheren (padu).
* Pendapat/opini disampaikan dengan
menggunakan teknik penyampaian simpulan yang akurat secara deduktif atau
induktif
* Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan
dalam menyimpulkan suatu informasi secara deduktif atau induktif sebagai wujud cinta tanah air.
I. Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan
|
Siswa dapat:
|
1
|
1. mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuk non-verbal
(bagan/tabel/diagram/ grafik/ denah/matriks) tentang fungsi dan
kedudukan bahasa Indonesia, daerah, dan asing sebagai wujud cinta tanah air,
2. menyimpulkan
hubungan antara bahasa dan perkembangan budaya, sebagai wujud cinta tanah air
3. menyimpulkan
hubungan antara berbahasa dan berpikir sebagai wujud cinta tanah air
|
2
|
4. menyimpulkan
hubungan antara bahasa dan logika sebagai wujud cinta tanah air
5. mengidentifikasi
hubungan-hubungan logis antar berbagai fakta atau evidensi,
6. menerapkan
cara berpikir logis untuk melengkapi wacana/paragraf dengan kalimat-kalimat
yang koheren (padu) dan logis,
7. menyimpulkan
peranan matematika dalam penyusunan kalimat-kalimat logis dan menerapkannya
dalam membuat kalimat/wacana,
|
3
|
8. mengidentifikasi
simpulan induktif dan deduktif dari suatu teks.
9. menyampaikan pendapat/opini dengan menggunakan teknik
penyampaian simpulan dan pendapat secara deduktif atau induktif dengan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai wujud cinta tanah air.
|
4
|
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan
|
II. Materi Pembelajaran :
1. Teknik membuat catatan verbal dan non-verbal
sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
2. Teknik menyimpulkan secara induktif dan
deduktif
3. Teknik menyampaikan simpulan dan pendapat
4. Teknik membuat simpulan lisan maupun tulisan
dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran
berbahasa / sikap berbahasa yang positif.
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, Demonstrasi, Penugasan
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti (75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Memotivasi
siswa
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4. Tanya jawab
tentang peran bahasa Indonesia dalam mempersatukan bangsa Indonesia,
pengembangan budaya, dan teknologi sebagai wujud cinta tanah air
|
1. Eksplorasi
Siswa menyimak berbagai
informasi yang disampaikan secara lisan tentang kedudukan dan fungsi bahasa
Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia, bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat
berpikir, bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan.
2. Elaborasi
a. Siswa mencatat ide-ide pokok dari
informasi yang disimaknya (tentang kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia,
bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia, bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat
berpikir, bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan.
b. Siswa mengubah informasi tentang kedudukan
dan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia ke dalam bentuk non-verbal
c. Siswa menyimpulkan materi simakan
tentang bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat berpikir, dan bahasa
sebagai unsur dan pengembang kebudayaan.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai
bentuk reinforcement (penguatan)
|
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran
yang baru saja dilewati
2. Penegasan guru tentang perlunya siswa
memiliki kesadaran berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai wujud cinta tanah air.
3. Informasi kegiatan lanjutan
4. Salam penutup
|
2
|
1. Salam pembuka, doa, presensi
2. Memotivasi siswa
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model
evaluasi yang diterapkan
4. Tanya jawab tentang hubungan bahasa dan
matematika dalam komunikasi
|
1. Eksplorasi
a. Siswa menerapkan cara berpikir
logis untuk melengkapi wacana dengan kalimat-kalimat yang koheren dan logis.
b. Siswa menyimpulkan peranan
matematika dalam penyusunan kalimat-kalimat logis dan menerapkannya dalam
membuat kalimat/wacana.
2. Elaborasi
a. Siswa menyimpulkan hubungan antara bahasa
dan logika
b. Siswa mengidentifikasi hubungan-hubungan
logis antarberbagai fakta atau evidensi.
c. Siswa menerapkan cara berpikir logis untuk
melengkapi wacana dengan kalimat-kalimat yang koheren dan logis.
d. Siswa menyimpulkan peranan matematika dalam
penyusunan kalimat-kalimat logis dan menerapkannya dalam membuat
kalimat/wacana.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai
bentuk reinforcement (penguatan)
|
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran
yang baru saja dilewati
2. Penegasan guru tentang perlunya siswa
memiliki kesadaran berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai wujud cinta tanah air.
3. Informasi kegiatan lanjutan
4. Salam penutup
|
3
|
1.
Salam pembuka; Doa; Presensi
2.
Memotivasi siswa
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi
yang diterapkan
4.
Tanya jawab tentang kesimpulan deduktif dan induktif
|
1. Eksplorasi
a. Siswa membaca contoh-contoh
penarikan simpulan induktif, deduktif, dan campuran
b. Siswa menyimak berbagai
informasi deduktif, deduktif, dan
campuran.
2. Elaborasi
a. Siswa mengidentifikasi simpulan induktif
dan deduktif dari suatu teks.
b. Siswa menyampaikan pendapat/ opini
dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat secara deduktif
atau induktif dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan
siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan
sebagai bentuk reinforcement (penguatan)
|
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran
yang baru saja dilewati
2. Penegasan guru tentang penyampaian simpulan
secara induktif dan deduktif.
3. Informasi akan danya evaluasi
4. Salam penutup
|
4
|
1. Salam pembuka; doa, presensi
2. Penegasan adanya evaluasi.
|
Evaluasi formatif,
pembahasan dan penilaian, remedi, dan pengayaan
|
Doa penutup, salam
penutup
|
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia 2A, Drs.Maskurun
dkk.
b. Kaset / rekaman dari LP2IP YK
c. Narasumber
d. Kamus Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik : Penilaian proses, lisan, perbuatan, tertulis
b. Bentuk : Pilihan ganda, uraian
c. Instrumen :
- Soal :
di dalam buku soal (terlampir)
- Kunci jawaban : di dalam buku kunci (terlampir)
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap
/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas =
10%)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter cinta tanah air:
1. Menunjukkan
kesetiaan terhadap bahasa Indonesia
2. Menunjukkan
kepedulian terhadap bahasa Indonesia
3. Menunjukkan
penghargaan terhadap bahasa
Indonesia
4. Menunjukkan
kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
Indonesia
Contoh soal evaluasi :
A. Simaklah rekaman evidensi-evidensi
berikut, dan pilihlah kalimat lanjutan yang koheren (padu) dan membentuk
hubungan logis.
Rekaman B.1.1.F
1.
a.
Meningkatnya iklim investasi tentunya
juga akan meningkatkan sektor riil, menciptakan lapangan kerja baru dan
mengurangi pengangguran.
b. Biasanya melonjaknya pertumbuhan bisnis
properti di samping berdampak pada meningkatnya sektor riil, juga sering
menjadi pemicu meningkatnya inflasi.
2.
a. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ilmu
pengetahuan dan teknologi merupakan ukuran kesejahteraan dan harga diri bangsa
sebagai lembaga maupun individu.
b. Ini dapat dilihat dari anggaran penelitian
dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang hanya 0,18% dari product
domestic brutto (PDB).
3.
a. Oleh karena itu, orientasi pembangunan ke
depan hendaknya lebih bertitik berat pada pembangunan sektor kelautan karena
sektor ini akan lebih menjamin
kesejahteraan yang berkelanjutan.
b. Oleh karena itu, perampokan dan penggelapan
kekayaan laut ratusan triliun rupiah yang terdiri atas pasir laut 72 triliun
dan kekayaan laut lainnya 36 triliun harus diusut.
C. Simaklah rekaman-rekaman berikut
dan tentukan apakah menggunakan pola berpikir deduktif, induktif, atau campuran.
Rekaman B.1.1.H
11.____________
12.____________
13.____________
14.____________
15.____________
|
16. ____________
17. ____________
18.
____________
19.
____________
20. ____________
|
PEDOMAN
PENILAIAN
No Soal
|
Skor maksimal
TIAP SOAL
|
Skor Total MaksIMAL
|
1-40
|
1
|
40
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jml
skor total maksimal
|
40
|
Nilai Akhir
Maksimal = 40 : 4 = 10
..................,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
............................ ...........................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2-2
Nama Sekolah : ....................
Program Keahlian : ..........................
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : X / 3
Pertemuan ke : 1-3
Alokasi Waktu : 4 jam
pelajaran
Standar Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar : 2.2 Menyimak
untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
KKM
: 70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa: Rasa
ingin tahu (Sikap dan tindakan berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang didengar).
Indikator
:
* Isi
perintah eksplisit maupun implisit secara meluas dan
mendalam dirumuskan kembali (secara lisan maupun tulisan)
* Isi
perintah dituliskan/dirumuskan kembali dalam bentuk kerangka atau bagan
* Kegiatan
yang dilakukan berdasarkan isi perintah secara lisan/tertulis disebutkan secara
urut.
* Kebenaran
rencana kegiatan dikonfirmasikan kepada pemberi perintah
I.
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan
Pertemuan
|
Siswa dapat:
|
1
|
1. mengenali perintah yang halus
dan kurang halus dan memperbaiki perintah yang kurang halus.
2. mengidentifikasi perintah-perintah eksplisit dan implisit secara meluas dan mendalam
3. merumuskan kembali isi perintah dengan
menggunakan kiat mengenali perintah secara meluas dan mendalam
|
2
|
4. menyebutkan kegiatan yang akan
dilaksanakan berdasarkan isi perintah dan mengkonfirmasikannya kepada atasan
5. menuliskan kegiatan yang akan
dilakukan dalam bentuk bagan atau karangan mengkonfirmasikannya kepada atasan
6. merespon aneka perintah dengan
tepat sesuai dengan sifat perintah.
|
3
|
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan
|
II. Materi Pembelajaran :
* Kiat
mengenali perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan
* Kiat
merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka atau bagan
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti
(75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam pembuka; Doa; Presensi
2. Tujuan
pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Tanya-jawab tentang pentingnya kemampuan
memahami perintah dalam dunia kerja dan kehidupan pada umumnya
|
1. Eksplorasi
a. Siswa mengenali ciri perintah
b. Siswa mengenali perintah halus dan kurang
halus, perintah eksplisit dan implisit.
c. Siswa menyimak teks berisi macam-macam
perintah
2. Elaborasi
a. Siswa mengenali perintah yang halus dan
kurang halus danmemperbaiki perintah yang kurang halus.
b. Siswa mengidentifikasi
perintah-perintah eksplisit dan implisit secara meluas dan mendalam
c. Siswa merumuskan kembali isi
perintah dengan tepat.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan untuk
penguatan (reinforcement)
|
1. Komentar siswa tentang modul yang baru
saja dipelajari
2. Penegasan guru tentang pentingnya
kemampuan memahami perintah baik eksplisit maupun implisit dalam kehidupan
sehari-hari dan/atau dunia kerja.
3. Informasi pelajaran lanjut
4. Doa
penutup
|
2
|
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
3. Tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang
diterapkan
4. Tanya-jawab tentang pentingnya kemampuan
memahami perintah dalam dunia kerja dan kehidupan pada umumnya
|
1. Eksplorasi
Siswa menyimak teks berisi aneka perintah
2. Elaborasi
a. Siswa
menyebutkan kegiatan yang akan dilaksanakan berdasarkan isi perintah dan
mengkonfirmasikannya kepada atasan
b. Siswa
menuliskan kegiatan yang akan dilakukan dalam bentuk bagan atau karangan
mengkonfirmasikannya kepada atasan
c. Siswa merespon aneka perintah
dengan tepat, meluas dan mendalam sesuai
dengan sifat perintah.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan untuk
penguatan (reinforcement)
|
1. Komentar siswa tentang modul yang baru
saja dipelajari
2. Penegasan guru tentang pentingnya
kemampuan memahami perintah baik eksplisit maupun implisit dalam kehidupan
sehari-hari dan/atau dunia kerja.
3. Informasi rencana evaluasi
4. Doa
penutup
|
3
|
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Penegasan
akan adanya evaluasi
|
Evaluasi
formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan
|
Doa penutup
|
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun
dkk, LP2IP
b. Kaset dari LP2IP
c. Narasumber
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian
proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Pilihan ganda, esai
c. Instrumen: Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku
Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaian :
terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara aspek Soft Skill /
Sikap / Karakter dan aspek Akademik (dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik =
70%; Tugas = 10%; bobbot ini boleh
sesuai dengan sifat kompetensi/materi)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter rasa ingin tahu:
1. Memperhatikan dengan saksama
2. Tekun mencatat / mengumpulkan data
3. Mencari informasi lanjutan/tambahan
4. Mengajukan pertanyaan ekstensif (pertanyaan untuk tahu
lebih jauh)
Contoh
soal:
A. Rekaman B.1.2.H
(Monolog “TIPS MEMILIH MOBIL” untuk soal
nomor 21-35)
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat.
21. Untuk memilih bodi mobil yang bagus jangan
melihatnya secara tegak lurus. Mengapa?
a. Sebaiknya diamati dengan sudut pandang 300.
b. Dengan sudut pandang miring bekas benturan
akan kelihatan.
c. Dengan sudut pandang tegak lurus bekas benturan
kelihatan samar-samar.
22. Faktor yang menjadi penyebab keroposnya bodi
adalah ….
a. debu dan air
b. kotoran dan banjir
c. kotoran
dan air
23. Kriteria bodi mobil yang bagus adalah ….
a. tidak bergelombang, mengkilap, tidak
berdempul
b. tidak bergelombang, tidak keropos, tidak berdempul
tebal
c. permukaan rata, tidak pernah terkena
benturan, tidak berdempul tebal
B. Rekaman B.1.2.I
(Monolog “STRATEGI MEMPERTAHANKAN PERUSAHAAN”untuk soal nomor 36-55)
Berdasarkan
rekaman tadi, lengkapilah Bagan Strategi Mempertahankan Perusahaan berikut ini!
Bagan
Strategi Mempertahankan Perusahaan
PEDOMAN
PENILAIAN
No Soal
|
Skor maksimal
TIAP SOAL
|
Skor Total MaksIMAL
|
1-60
|
1
|
60
|
61-70
|
2
|
20
|
|
|
|
Jml
skor total maksimal
|
80
|
Nilai Akhir
Maksimal = (80 : 8) x 10 = 100
................,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
............................ ....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2-3
Nama Sekolah : ...................
Program Keahlian : .......................
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas /
Semester : XI / 3
Pertemuan : 1-3
Alokasi
Waktu :
6 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
tingkat madia
Kompetensi
Dasar : 2.3.
Memahami perintah kerja tertulis
KKM :
70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa : Realistis
(Kemampuan menggunakan fakta/realita sebagai landasan berpikir yang rasional
dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan/perbuatan)
Indikator
:
* Informasi
yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja dikenali dengan
saksama
* Tindak
lanjut terhadap perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca
informasi dari perintah kerja tertulis direncanakan dengan baik secara realistis
* Bagan/prosedur
kerja berdasarkan perintah kerja tertulis dibuat dengan tepat dan realistis
* Rencana
kegiatan yang realistis (secara lisan/tulisan) diinformasikan
kepada pemberi perintah secara tepat
I.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan
|
Siswa dapat:
|
1
|
1. mengidentifikasi berbagai
perintah dari suatu teks tertulis (surat perintah, edaran, pengumuman)
2. merencanakan tindakan lanjutan secara realistis berdasarkan catatan yang dibuat
pada waktu membaca perintah kerja tertulis
3. menanyakan kebenaran rencana
kegiatan yang akan dilaksanakan (secara lisan atau tertulis) kepada pemberi
perintah kerja.
|
2
|
4. mengidentifikasi berbagai perintah dari suatu
teks tertulis (memo, disposisi, buku manual).
5. membuat bagan atau prosedur
kerja berdasarkan perintah kerja tertulis secara realistis
6. merencanakan tindakan/kegiatan
secara realistis sesuai dengan perintah yang
diterima.
7. menanyakan kebenaran rencana kegiatan yang akan dilaksanakan
(secara lisan atau tertulis) kepada pemberi perintah kerja.
8. mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kalimat yang sering muncul
dalam aneka bentuk perintah kerja tertulis serta dapat membetulkannya.
|
3
|
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan
|
II. Materi Pembelajaran :
1. Teks
Perintah Kerja Tertulis (Surat Perintah, Edaran, Pengumuman, Memo, Disposisi,
Buku Manual Kerja)
2. Informasi
mengenai kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat bekerja
3. Kiat
menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan
redaksi yang berbeda
III.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, praktik,
presentasi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti
(75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam
pembuka; Doa; Presensi
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Tanya-jawab
tentang pentingnya kemampuan memahami perintah dalam dunia kerja dan
kehidupan pada umumnya sebagai motivasi
|
1. Eksplorasi
Siswa membaca bermacam-macam perintah kerja tertulis (surat
perintah, edaran, pengumuman)
2. Elaborasi
a. Siswa mempelajari contoh surat
perintah/tugas, menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, membuat bagan
tata hubungan antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut,
serta mencoba membuat surat sejenis secara realistis.
b. Siswa mempelajari contoh edaran, menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan tata hubungan
antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba
membuat edaran sejenis secara realistis.
c. Siswa mempelajari contoh pengumuman,
menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan tata hubungan
antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba
membuat pengumuman sejenis secara realistis.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai
bentuk reinforcement (penguatan)
|
1. Komentar/ siswa tentang manfaat yang
diperoleh dari modul yang baru saja dipelajari
2. Penegasan guru tentang pentingnya
kemampuan memahami serta membuat perintah kerja tertulis dalam dunia kerja.
3. Informasi pelajaran lanjutan
4. Doa
penutup
|
2
|
1. Salam
pembuka; Doa, Presensi
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan
memahami aneka bentuk perintah kerja tertulis dalam dunia kerja dan kehidupan
pada umumnya
|
1. Eksplorasi
Siswa membaca macam-macam perintah kerja
tertulis (memo, disposisi dan manual)
2. Elaborasi
a. Siswa mempelajari contoh memo, menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan
membuat bagan tata hubungan antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan
tindak lanjut, serta mencoba membuat memo sejenis secara
realistis.
b. Siswa mempelajari contoh disposisi, menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan tata hubungan
antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba
membuat disposisi sejenis secara realistis.
c. Siswa mempelajari contoh manual (buku
petunjuk), menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan,
serta merencanakan tindakan secara realistis sesuai
dengan isi manual.
d. Siswa
mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kalimat yang sering muncul dalam aneka
bentuk perintah kerja tertulis serta dapat membetulkannya.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai
bentuk penguatan (reinforcement)
|
1. Komentar siswa tentang modul yang baru saja
dipelajari
2. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan
memahami serta membuat perintah kerja tertulis dalam dunia kerja.
3. Informasi rencana evaluasi
4. Doa penutup
|
3
|
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Penegasan
akan adanya evaluasi
|
Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan
|
Doa penutup
|
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun
dkk, LP2IP
b. Kaset dari LP2IP
c. Narasumber
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik:
Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b. Bentuk:
Pilihan ganda, esai
c.
Instrumen: Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci
Jawaban : di dalam Buku Kunci (terlampir)
Pedoman
Penilaian : terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap
/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas =
10%)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter Realistis
1. Merumuskan
kembali perintah secara realistis
2. Merencanakan
tindakan secara realistis
3. Mengambil
keputusan secara realistis
4. Menghindari
hal-hal yang tidak realistis dalam segala aspek kehidupan
Contoh soal evaluasi :
Bacaan 2
|
Pertanyaan:
1)
Siapa yang diberi perintah dalam disposisi tersebut?
2)
Apa perintahnya?
B.
UJI KAIDAH
Perbaiki kalimat-kalimat salah
berikut ini.
1. Berhubung dengan hari hujan,
latihan badminton ditiadakan.
2. Bersama ini diumumkan bahwa
pada hari Minggu akan diadakan kerja bakti.
3. Sebagai bahan pertimbangan,
dengan ini saya lampirkan ....
4. Bagi para penumpang yang
membawa tas besar harap dimasukkan bagasi.
5. Bagi pemilik mobil angkutan
umum yang berusia lebih dari 15 tahun tidak boleh dioperasikan lagi.
PEDOMAN
PENILAIAN
No Soal
|
Skor maksimal
TIAP SOAL
|
Skor Total MaksIMAL
|
A. Teks 1:A.1-10
|
1
|
10
|
B.1-10
|
3
|
30
|
Teks 2: 1-10
|
1
|
10
|
Teks 3: 1-10
|
1
|
10
|
Teks 4: 1-10
|
1
|
10
|
B. 1-5
|
2
|
10
|
|
|
|
Jml
skor total maksimal
|
80
|
Nilai Akhir
Maksimal = (80 : 8) x 10 = 100
.............,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
............................ ...................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.4
Nama Sekolah : ......................
Program Keahlian : .........................
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas /
Semester : XI
/ 3
Pertemuan : 1
dan 2
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
tingkat madia
Kompetensi
Dasar : 2.4
Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam
konteks bekerja
KKM
: 70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa: Rasa
ingin tahu (Sikap dan tindakan berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dibaca).
Indikator
:
Pertemuan
1
* Kata,
bentuk kata, ungkapan dan kalimat dikelompokkan berdasarkan kelas kata dan
makna kata
* Kata-kata
yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan didaftar secara
lengkap, dan dicari sinonim atau antonimnya.
* Kata
(termasuk bentuk kata baru) frasa, atau kalimat yang berdasarkan paradigma atau
analogi dipersoalkan kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) diidentifikasi secara meluas dan mendalam.
* Kata,
frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan
kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan kaidah atau kelaziman diidentifikasi
secara meluas dan mendalam.
I Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan
|
Siswa dapat:
|
1
|
1. mengelompokkan
kata berdasarkan bentuk dan kategori/kelasnya serta menggunakannya dalam
kalimat sesuai dengan maknanya.
2. menerapkan
kaidah penyerapan kata asing ke dalam bahasa Indonesia secara meluas dan mendalam
3. mendaftar
kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim lalu mencari sinonimnya serta
mengidentifikasi perbedaan nuansa makna atau kolokasinya secara meluas dan mendalam.
4. mendaftar
kata-kata yang berpotensi memiliki antonim dalam teks bacaan lalu mencari antonimnya
secara meluas dan mendalam.
5. mengidentifikasi
kata bentukan (termasuk bentuk kata baru) yang dipersoalkan
kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi
dan kaidah serta kelaziman secara meluas dan mendalam.
|
2
|
6. mengidentifikasi
frasa dan ungkapan dalam kalimat berdasarkan kelas/kategorinya serta
menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya.
7. mencari
ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk kata/frasa tertentu yang terdapat
dalam suatu teks secara meluas dan mendalam.
8. mengidentifikasi
frasa atau kalimat yang perlu dipersoalkan kebenaran/ketepatannya
(diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah atau
kelaziman secara meluas dan mendalam.
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi,
pengayaan
|
II. Materi Pembelajaran :
1. Informasi
mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata
2. Peran
dan manfaat kamus dalam belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan
bernegara
3. Proses
pembentukan kata baru
4. Relasi
makna (sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata
5.
Uji bentuk kata dengan paradigma kata
6. Uji
frasa dengan paradigma frasa
III.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab,
penugasan, diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti
(75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam
pembuka; Doa; Presensi
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penegasan guru tentang pentingnya
menggunakan bahasa secara cermat dalam dunia kerja sehingga tidak muncul
kalimat-kalimat salah yang memalukan.
|
1. Eksplorasi
a. Siswa membaca penjelasan tentang kelas
kata, bentuk kata, macam-macam makna, penggunaan kamus, dan kaidah penyerapan
kata asing.
b. Siswa membaca berbagai teks (narasi,
deskripsi, dan argumentasi) secara mendalam
2. Elaborasi
a. Siswa mengelompokkan kata berdasarkan bentuk dan
kategori/kelasnya serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya
b. Siswa menerapkan kaidah
penyerapan kata asing ke dalam bahasa Indonesia secara meluas dan mendalam
c. Siswa mengidentifikasi frasa dan ungkapan secara meluas dan mendalam dalam kalimat
berdasarkan kelas/kategorinya, menjelaskan maknanya, serta menggunakannya dalam kalimat sesuai
dengan maknanya.
d. Siswa mencari ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk menggantikan kata/frasa
tertentu yang terdapat dalam suatu teks secara meluas.
e. Siswa mendaftar kata-kata yang
berpotensi memiliki sinonim lalu mencari sinonimnya serta mengidentifikasi
perbedaan nuansa makna atau kolokasinya secara meluas dan mendalam.
f. Siswa mendaftar kata-kata yang
berpotensi memiliki antonim dalam teks bacaan lalu mencari antonimnya secara mendalam.
g. Siswa mengidentifikasi kata
bentukan (termasuk bentuk kata baru) yang dipersoalkan kebenaran/ketepatannya
(diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah serta
kelaziman secara meluas
dan mendalam.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai
bentuk penguatan (reinforcement)
|
1. Komentar siswa tentang manfaat yang diperoleh
dari modul yang baru saja dipelajari
2. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan
memahami kategori dan makna kata/ frasa/ungkapan dalam menghasilkan
kalimat-kalimat yang berterima.
3. Informasi pembelajaran lanjut
4. Doa penutup
|
2
|
1. Salam pembuka;
Doa, Presensi
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penegasan guru
tentang pentingnya menggunakan bahasa secara cermat dalam dunia kerja
sehingga tidak muncul kalimat-kalimat salah yang memalukan.
|
1. Eksplorasi
a. Siswa membaca berbagai teks (narasi,
deskripsi, dan argumentasi) secara mendalam
b. Siswa mencari ungkapan atau
parafrasa yang tepat untuk menggantikan kata/frasa tertentu yang terdapat
dalam suatu teks.
2. Elaborasi
a. Siswa mengidentifikasi frasa dan ungkapan dalam
kalimat berdasarkan kelas/kategorinya, menjelaskan maknanya, serta menggunakannya dalam kalimat sesuai
dengan maknanya secara meluas dan mendalam.
b. Siswa mengidentifikasi frasa
atau kalimat yang perlu dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ ditolak)
berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah atau kelaziman secara meluas dan mendalam.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan penguatan
(reinforcement)
|
1. Komentar siswa tentang modul yang baru saja
dipelajari
2. Penegsan
guru tentang pentingnya kemampuan mengkritisi bentuk-bentuk kata/frasa
berdasarkan kaidah/analogi dan kelaziman untuk pembinaan bahasa Indonesia
pada masa-masa mendatang.
3. Informasi rencana evaluasi
|
|
|
Evaluasi
formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan
|
Doa penutup
|
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun
dkk, LP2IP
b. Kaset dari LP2IP
c. Narasumber
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian
proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Pilihan ganda, esai
c. Instrumen:
Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku
Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaian :
terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap
/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas =
10%)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter cinta tanah air:
1. Menunjukkan
kesetiaan terhadap bahasa Indonesia
2. Menunjukkan
kepedulian terhadap bahasa Indonesia
3. Menunjukkan
penghargaan terhadap bahasa
Indonesia
4. Menunjukkan
kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan
terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
Indonesia
Contoh soal evaluasi :
Wacana 2 (Eksposisi)
Ramuan Jamu Pengusir
Bau Kotoran Ternak (2)
Untuk membuat ramuan
jamu pengusir bau kotoran ternak, Ny. Onah Lasmanah (36 tahun) yang alumnus SMA
PGRI Banjar jurusan IPA ini merebus beragam limbah empon-empon dan
melakukan fermentasi dengan mikroba. Prosesnya adalah sebagai berikut:
(1) Mula-mula
30 liter air dididihkan dalam kuali dari tanah.
(2) Setelah
air mendidih, beragam limbah dari empon-empon, seperti majakan, sembung, adas
pulosari, dan sirih dimasukkan ke dalam kuali itu.
(3) Air
terus dipanaskan hingga 8 jam agar kematangannya sempurna. Jamu yang kurang
matang bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
(4) Setelah
8 jam, air rebusan dalam kuali itu diangkat dari atas api, lalu didinginkan.
Setelah dingin, air disaring.
(5) Air
rebusan yang telah dingin dan siap difermentasi itu disimpan dalam ember
tertutup. Dalam proses ini ada penambahan mikroba, air tape, madu (yang
mengandung biostarter), dan air limbah cucian beras. Proses fermentasi
berlangsung hingga 8 hari. …
Koran Tempo, 19 April 2005, h. 8,
diambil secukupnya dengan perubahan.
SOAL
A. Amatilah dua bagian yang bergaris bawah pada kalimat berikut ini, lalu
tentukan mana yang berisi kesalahan, baik isi, kaidah, maupun ejaan, lalu pilihlah opsi yang merupakan
pembetulannya.
11. Pertama,
masukan 30 liter air ke dalam kuali dari tanah, lalu dididihkan.
a.
masukkan c. kedalam kuali dari tanah
b.
masuk d. ke dalam tanah
yang dibuat kuali
12. Beragam
limbah dari empon-empon, seperti majakan, sembung, adas pulosari, dan sirih
dimasukkan ke dalam kuali itu
sampai air mendidih.
a.
kedalam c. hingga air
mendidih
b.
ke d.
setelah air mendidih
13. Air
terus dipanaskan hingga 8 jam agar supaya kematangannya sempurna.
a.
agar supaya matang sempurna
b.
agar kematangannya sempurna
Jamu
yang kurang matang bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
c.
terpengaruh
d.
berpengaruh
B. Carilah antonim dari kata: pengusir,
dipanaskan, matang, penambahan, anaerob
C. Carilah kata bentukan yang
bernosi: hasil (2 buah) , proses (2 buah) , dan alat (1 buah)
PEDOMAN
PENILAIAN
No Soal
|
Skor maksimal
TIAP SOAL
|
Skor Total MaksIMAL
|
Pilihan
Ganda (1-40)
|
1
|
40
|
Uraian (B
dan C)
|
5+5
|
10
|
|
|
|
Jml
skor total maksimal
|
50
|
Nilai Akhir
Maksimal = (50 : 5) x 10 = 100
.............,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
......................... .................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.5
Nama Sekolah : ...............
Program Keahlian : .........................
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI
/ 3
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar : 2.5
Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja
KKM :
70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa : Bersahabat /
komunikatif (Tindakan yang
memperlihatkan senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain)
Indikator
* Pertanyaan yang santun untuk menggali
informasi sesuai dengan topik pembicaraan diajukan secara
komunikatif
* Pertanyaan
yang memerlukan jawaban ya atau tidak, misalnya untuk menjernihkan persoalan (klarifikasi)
dan meminta kepastian (konfirmasi) diajukan scara komunikatif.
* Pertanyaan
retorik digunakan secara tepat sesuai dengan tujuan kamunikasi.
* Pertanyaan
tersamar untuk tujuan lain, seperti
memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan,
menyetujui atau menyanggah diajukan secara tepat sesuai tujuan komunikasi.
I. Tujuan
Pembelajaran :
Pertemuan
|
Siswa dapat:
|
1
|
1. menggunakan
kalimat tanya yang santun dan tepat untuk menggali informasi sesuai dengan
topik pembicaraan atau situasi secara komunikatif
2. menggunakan/mengajukan kalimat tanya untuk menggali informasi secara komunikatif
3. mengajukan pertanyaan yang
memerlukan jawaban ”ya” atau ”tidak” sesuai dengan situasi, serta mengakhiri
pertanyaan dengan santun.
4. menjelaskan maksud kalimat
tanya retorik secara tepat dan dapat membuat/menggunakannya secara komunikatif.
|
2
|
5. menjelaskan maksud kalimat
tanya tersamar dengan tujuan memohon, meminta, menyuruh, mengajak, menyindir,
merayu, meyakinkan, menyetujui atau menyanggah serta dapat menggunakannya secara komunikatif sesuai dengan situasi komunikasi
6. menilai relevan tidaknya
pertanyaan dengan suatu teks / topik.
7. memanfaatkan berbagai macam
kalimat tanya dalam membuat wacana dialog.
|
II. Materi Pembelajaran :
* Konsep kalimat tanya umum
* Konsep dan ciri kalimat retorik
* Dampak penggunaan kalimat retorik kepada mitra kerja
* Konsep dan model kalimat tersamar
* Kalimat tanya tersamar dalam kehidupan sehari-hari
* Artikel yang mengandung ragam kalimat tanya
III.
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya
jawab, bermain peran
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti
(75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam
pembuka; Doa, Presensi
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4. Penjelasan tentang pentingnya kemampuan memahami berbagai macam kalimat tanya dalam kehidupan sehari-hari dan dunia
kerja.
|
1. Eksplorasi
Siswa mempelajari, mencermati, dan memahami
santun bertanya.
2. Elaborasi
a. Siswa mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan topik pembicaraan
dengan memperhatikan narasumbernya untuk menggali informasi secara santun dan
komunikatif
b. Siswa mengajukan pertanyaan
yang memerlukan jawaban ya
atau tidak, misalnya untuk penjernihan persoalan (klarifikasi) dan
meminta kepastian (konfirmasi) dan komunikatif
c. Siswa menjelaskan maksud/makna
kalimat tanya retorik dan berlatih membuat/ menggunakannya dan
komunikatif
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan sebagai penguatan
(reinforcemen)
|
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran
yang baru saja dilewat
2. Penjelasan tentang pentingnya
kemampuan memahami berbagai macam kalimat tanya dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja
3. Infomasi
pelajaran lanjut
4. Doa penutup
|
2
|
1. Salam pembuka; Doa; Presensi
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model
evaluasi yang diterapkan
3. Menjelaskan tentang pentingnya kemampuan
mengajukan pertanyaan dalam dunia jurnalistik / media baik cetak maupun
elektronik
|
1. Eksplorasi
Siswa
membaca berbagai kalimat tanya tersamar.
2. Elaborasi
a. Siswa menjelaskan maksud
kalimat tanya tersamar dengan tujuan memohon, meminta, menyuruh, mengajak,
menyindir, merayu, meyakinkan, menyetujui atau menyanggah serta dapat
menggunakannya secara komunikatif sesuai
dengan situasi komunikasi
b. Siswa menilai relevan tidaknya
pertanyaan dengan suatu teks / topik.
c. Siswa memanfaatkan berbagai macam kalimat
tanya dalam membuat wacana dialog dan komunikatif.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan sebagai penguatan
(reinforcemen)
|
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran
yang baru saja dilewat
2. Penjelasan tentang pentingnya
kemampuan memahami berbagai macam kalimat tanya dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja
3. Infomasi
rencana evaluasi
|
|
|
Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan
|
Doa penutup
|
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun
dkk, LP2IP
b. Kaset dari LP2IP
c. Narasumber
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian
proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Esai
c. Instrumen: Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku
Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaian :
terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap
/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas =
10%)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter bersahabat/komunikatif:
Aspek karakter komunikatif / bersahabat
1. Senang berbicara
2. Senang bergaul
3. Senang bekerja sama
4. Berbicara secara santun
Contoh soal evaluasi :
6. Ubahlah
kalimat-kalimat di bawah ini menjadi kalimat tanya tersamar!
a. Ia tidak perlu dikasihani.
b. Tolonglah orang tua yang membimbing cucunya itu
menyeberang jalan.
c. Kumpulkan segera pekerjaanmu kalau tidak ingin
pulang terlambat.
d. Jual saja kendaraan tuamu daripada berkali-kali
kamu bawa ke bengkel.
7. Buatlah
5 kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf berikut.
Berdasarkan
data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), dalam enam bulan pertama tahun ini
(hingga Juni 2009), total tercatat 1.010 usaha waralaba, dengan jumlah gerai
mencapai 42.900 buah, serta mampu menyerap 819.200 tenaga kerja. Bandingkan
dengan data tahun lalu (2008) yang mencatat: 855 usaha waralaba, jumlah gerai
31.827 buah, dan menyerap 523.162 tenaga kerja. Artinya, terjadi pertumbuhan
bisnis franchise yang luar biasa selama beberapa bulan terakhir.
PEDOMAN
PENILAIAN
Nomor
|
Jumlah Jawaban
|
Skor tiap Jawaban
|
Skor Total
|
Nilai Maks
|
1
|
9
|
1
|
9
|
|
2
|
9
|
1
|
9
|
|
3
|
3
|
1
|
3
|
|
4
|
3
|
1
|
3
|
|
5
|
4
|
1
|
4
|
|
6
|
4
|
1
|
4
|
|
7
|
5
|
1
|
5
|
|
|
37
|
|
37
|
|
Nilai Akhir
Maksimal = 37 x 10 = 370: 3,7 = 100
.................,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
............................ .................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.6
Nama Sekolah : .................
Program
Keahlian : ............................
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : XI / 3
Pertemuan : 1 – 2
Alokasi
Waktu : 4 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
tingkat madia
Kompetensi
Dasar :
Membuat parafrase lisan dalam konteks bekerja
KKM : 70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa : Kreatif (Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan
cara atau hasil yang berbeda dari produk/jasa yang telah ada).
Indikator
* Memparafrasakan
informasi secara lisan dari hal yang telah dibaca secara
kreatif dengan menggunakan bahasa sendiri
* Memparafrasakan
informasi secara lisan dari hal yang sudah didengar secara
kreatif dengan menggunakan bahasa sendiri
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan
|
Siswa dapat:
|
1
|
1. memparafrasa
secara kreatif berbagai kata/frasa dengan
sinonim/parafrasanya serta menggunakannya dalam kalimat/wacana.
2. memparafrasa
(memvariasi) secara kreatif berbagai jenis
kalimat seperti aktif-pasif, langsung – tak langsung, variasi susun kata,
serta variasi inversi.
|
2
|
3. memparafrasakan
teks ilmiah, puisi, dan drama/dialog sederhana yang telah dibaca / didengar
dengan menggunakan bahasa sendiri secara kreatif
4. mengubah
berbagai pola penyajian suatu teks dari sebab-akibat menjadi akibat-sebab,
dari kronologis menjadi flash back, dari deduktif menjadi induktif,
dari klimaks menjadi antiklimaks, dan proses-hasil menjadi hasil-proses secara kreatif.
|
II. Materi Pembelajaran :
* Pengertian
parafrasa
* Teknik menyusun parafrasa: menentukan kata
kunci; menemukan ide pokok; menjelaskan sinonim kata kunci; menjelaskan makna
kata metaforis/ungkapan lain dengan kata lain yang semakna; menggunakan
ungkapan lain untuk maksud yang sama dari informasi yang didengar; menyusun
kalimat dengan ungkapan sendiri
* Pola penyajian ide: pola
urutan/kronologis; pola sebab akibat; pola contoh; pola proses
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan
IV.
Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti
(75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam pembuka;
Doa, Presensi
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan parafrasa
dalam berbagai aspek kehidupan dan dunia usaha/kerja
|
1. Eksplorasi
a. Siswa mengingat kembali tentang pengertian parafrasa.
b. Siswa mempelajari teknik menyusun parafrasa
2. Elaborasi
a. Siswa memparafrasa
kata/frasa/ ungkapan yang didengar dengan sinonim/parafrasanya secara
kreatif.
b. Siswa memparafrasa
(memvariasi) berbagai jenis kalimat seperti aktif-pasif, langsung – tak
langsung, variasi susun kata, serta variasi inversi secara
kreatif..
c. Siswa memparafrasakan teks
ilmiah, puisi, dan drama/dialog sederhana yang telah dibaca dengan
menggunakan bahasa sendiri berdasarkan kata-kata kunci yang telah
diidentifikasi sebelumnya secara kreatif..
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai penguatan
(reinforcement)
|
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran
yang baru saja dilewati
2. Penegasan guru tentang
pentingnya kemampuan memparafrasa kata/frasa/ungkapan, kalimat atau
teks/wacana dalam dunia kerja.
3. Informasi pelajaran lanjutan
4. Doa penutup
|
2
|
1. Salam pembuka;
Doa, Presensi
2. Menyampaikan
tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan parafrasa
dalam berbagai aspek kehidupan dan dunia usaha/kerja
|
1. Eksplorasi
a. Siswa mengingat kembali
tentang pengertian parafrasa.
b. Siswa mempelajari
teknik menyusun parafrasa
2. Elaborasi
a. Siswa memparafrasakan teks ilmiah, puisi,
dan drama/dialog sederhana yang telah dibaca / didengar dengan menggunakan
bahasa sendiri secara kreatif
b. Siswa mengubah berbagai pola penyajian suatu
teks dari sebab-akibat menjadi akibat-sebab, dari kronologis menjadi flash
back, dari deduktif menjadi induktif, dari klimaks menjadi antiklimaks,
dan proses-hasil menjadi hasil-proses secara kreatif.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan
siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan
lisan untuk penguatan (reinforcement)
|
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran
yang baru saja dilewati
2. Penegasan guru tentang
pentingnya kemampuan memparafrasa kata/frasa/ungkapan, kalimat atau teks/wacana
dalam dunia kerja.
3. Informasi akan adanya evaluasi
|
|
|
Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan
|
Doa penutup
|
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun
dkk, LP2IP
b. Kaset dari LP2IP
c. Narasumber
d. Kamus Besar Bahasa Indonesia
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian
proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Esai
c. Instrumen:
Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku
Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaian :
terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap
/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas =
10%)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter kreatif
1. Berpikir /berusaha untuk menghasilkan sesuatu (karya, cara) yang
baru
2. Membuat pernyataan / teks
verbal yang orisinal
3. Membuat bagan/grafik dengan tidak mencontoh teman/orang lain.
4. Melakukan hal baru yang bernilai yang berbeda dengan temannya
karya-karya baru baik yang otentik maupun modifikasi
Contoh soal evaluasi :
1. Bacalah uraian tertulis di bawah ini,
kemudian ungkapkan kembali secara lisan dalam bentuk yang lebih ringkas.
Pemanfaatan Internet
secara
Sehat oleh Remaja (2)
Bagaimana statistik untuk penggunaan internet di
Indonesia belum diketahui. Namun, tidak berlebihan jika kita harus mulai waspada
terhadap penggunaan internet yang tidak sehat oleh kalangan muda.
Pencegahan yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan mengawasi penggunaan
internet oleh anak. Orang tua harus mengetahui bila anaknya telah terkena ”ketagihan”
pornografi di internet. Selain itu, orang tua juga sebaiknya memahami cara-cara
yang biasa dipakai penyedia pornografi di internet untuk ”meracuni” kalangan
muda.
Pada
praktiknya, hal tersebut tidaklah mudah. Menjamurnya warung internet (warnet),
misalnya, menyulitkan orang tua dalam mengawasi anaknya karena anak menggunakan
internet di luar rumah. Selain itu, banyak juga orang tua yang ternyata belum
familiar dengan seluk-beluk internet. Tidak ada jalan lain, kecuali orang tua
harus mulai belajar menguasai internet. Biasanya program browser internet
telah dilengkapi proteksi dengan sistem rating sehingga orang tua dapat
menentukan informasi-informasi apa saja yang boleh dibuka.
Orang tua sebaiknya mengarahkan
anak agar membuka internet di rumah sehingga dapat memantau mereka dengan lebih
baik. Dan, tentu saja yang terbaik adalah dengan membuka komunikasi dan berbicara dari hati ke
hati dengan sang anak.
(Kompas,
April 2004)
2. Andaikan Anda seorang pemain sinetron,
perankan dialog antara Hamid dan ibunya tentang kisah berikut:
Hamid dinasihati ibunya agar tidak
meneruskan cintanya kepada Zaenab. Hamid diminta agar ia tahu diri, mengingat
ia orang miskin yang telah ditolong oleh orang tua Zaenab sehingga tidak
sepantasnya kalau ia mencintai Zaenab. Seharusnyalah ia berusaha dengan segala
daya untuk membalas budi kepada keluarga Zaenab, tetapi bukan dengan
menjadikannya sebagai istri. “Buanglah jauh-jauh perasaan asmaramu, kalian itu
kakak-adik,” kata Ibu Hamid dengan sangat sungguh-sungguh.
Hamid memuji ibunya yang memiliki perasaan
amat peka terhadap perasaan anaknya. Hamid berusaha menyembunyikannya
dalam-dalam, tetapi entah dari mana juga ibunya bisa tahu. Hamid pun menjelaskan
bahwa bukan dialah yang memulainya, tetapi
Zaenab. Zaenab yang pertama kali
menyatakan perasaannya. “Mana berani saya mendahului, Bu,” kata Hamid.
Mula-mula Hamid hanya merasa kasihan untuk menolak cinta Zaenab, tetapi lama-lama tumbuh menjadi cinta
yang amat mendalam.
3. Parafrasakan
puisi bertikut ke dalam bentuk prosa lisan.
Perempuan-perempuan Perkasa
Perempuan-perempuan yang
membawa bakul di pagi buta, dari
manakah mereka
Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa
Sebelum peluit kereta pagi terjaga, sebelum hari bermula
dalam pesta kerja
Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta, ke manakah mereka
Di atas roda-roda baja mereka berkendara
Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota merebut
hidup di pasar-pasar kota
Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
siapakah mereka
Mereka ialah ibu-ibu yang perkasa,
akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota
Mereka: cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi
desa. (Hartoyo Andangjaya)
PEDOMAN
PENILAIAN
No Soal
|
Skor maksimal
TIAP ASPEK
|
Skor Total MaksIMAL
|
1
|
Ketepatan isi:5
|
5
|
|
Kelancaran penyajian:5
|
5
|
|
Kebahasaan:5
|
5
|
|
|
|
2
|
Ketepatan isi:5
|
5
|
|
Ekspresi pembawaan:5
|
5
|
|
Kebahasaan:5
|
5
|
|
|
|
3
|
Ketepatan isi:5
|
5
|
|
Kelancaran penyajian:5
|
5
|
|
Kebahasaan:5
|
5
|
|
|
|
4
|
Ketepatan isi:5
|
5
|
|
Kelancaran penyajian:5
|
5
|
|
Kebahasaan:5
|
5
|
Jml skor total maksimal
|
60
|
Nilai Akhir
Maksimal = (60 : 6) x 10 = 100
.................,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
.............................. .....................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.7
Nama Sekolah : ..................
Program
Keahlian : .........................
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : XI / 3
Pertemuan : 1
dan 2
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
tingkat madia
Kompetensi Dasar : 2.7
Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
KKM
: 70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa
: Demokratis (Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan
kewajiban dirinya dan orang lain.)
Indikator
:
*
Kata, bentuk kata, dan ungkapan dengan
santun digunakan dalam
komunikasi sehari-hari dan dalam diskusi secara
demokratis
*
Memanfaatkan pola gilir dalam
berkomunikasi secara efektif dalam suatu rapat atau pertemuan secara demokratis.
I. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan
|
Peserta didik dapat:
|
1
|
1. memilih kata, bentuk kata, dan
ungkapan yang santun sesuai dengan situasi komunikasi dengan menerapkan pola
gilir dalam komunikasi sehari-hari secara demokratis
2. menerapkan/mempraktikkan tata
cara diskusi kelompok dalam memecahkan masalah kelompok secara demokratis
|
2
|
3. menerapkan pola gilir dengan
baik dalam dan dalam rapat atau pertemuan secara
demokratis.
|
II. Materi Pembelajaran :
1. Film/naskah/drama/sinetron:
unsur intrinsik, peran, dialog
2. Diskusi
kelompok: sistem dan teknik diskusi, jenis diskusi, komponen (moderator,
notulis, peserta, dan publik), pola gilir (tahap-tahap pembicaraan dalam
diskusi)
3. Pengaturan
pola gilir oleh pewara atau juga moderator
III.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti
(75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam
pembuka; Doa, Presensi
2. Penjelasan dan tanya jawab tentang
pentingnya kemampuan menerapkan pola gilir dalam kehidupan sehari-hari dan
dalam diskusi dan dunia kerja.
3. Penjelasan tentang tatacara penilaian
4. Peserta didik membentuk
kelompok beranggotakan antara 4 –
5 orang
|
1. Eksplorasi
a. Siswa mempelajari tata cara
berdiskusi
b. Siswa mempelajari ungkapan yang
santun dalam diskusi
c. Siswa mempelajari kesalahan
kesalahan kalimat yang sering terjadi untuk dihindari
2. Elaborasi
a. Siswa menerapkan pola gilir
dalam komunikasi sehari – hari secara demokratis
b. Siswa berdiskusi kelompok untuk
membahas suatu tema (mncari solusi terhadap suatu masalah) secara
demokratis
c. Siswa
memplenokan/ mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan menerapkan
praktik diskusi yang baik secara demokratis.
d. Siswa/kelompok lain menanggapi
hasil diskusi kelompok penyaji secara demokratis.
3. Konfirmasi
a. Masukan tentang pelaksanaan pleno
(presentasi).
b. Penegasan simpulan / poin-poin hasil
diskusi
c. Tanya jawab lisan sebagai
bentuk penguatan (reinforcement)
|
1. Komentar peserta didik tentang proses
pembelajaran yang baru saja dilewati
2. Penegasan
guru tentang manfaat kemampuan menerapkan pola gilir dalam kehidupan dan
dunia kerja
3. Informasi kegiatan belajar lanjutan
4. Doa
penutup
|
2
|
1. Salam
pembuka; Doa, Presensi
2. Penjelasan dan tanya jawab tentang
pentingnya kemampuan menerapkan pola suatu rapat/pertemuan resmi
3. Penjelasan tentang tatacara penilaian
4. Peserta didik membentuk
kelompok beranggotakan antara 4 –
5 orang
|
1. Ekaplorasi
a. Siswa mempelajari tatacara penyelenggaraan
suatu pertemuan/rapat.
b. Siswa mempelajari ungkapan khas
dalam kepewaraan
c. Siswa mempelajari kesalahan
kesalahan kalimat yang sering terjadi untuk dihindari
2. Ekaplorasi
a. Siswa dalam kelompok merancang
susunan acara suatu kegiatan/acara dengan menerapkan
prinsip demokrasi
b. Siswa secara berkelompok
menyusun /merancang kalimat-kalimat untuk membawakan acara dengan menerapkan prinsip demokrasi
c. Siswa mempresentasikan
pembawaan acara yang telah disiapkan dalam kelompok dengan
menerapkan prinsip demokrasi
d. Siswa lain menggapi secara demokratis
3. Konfirmasi
a. Masukan tentang presentasi pembawaan acara.
b. Tanya jawab lisan sebagai
bentuk penguatan (reinforcement)
|
1. Komentar peserta didik tentang proses
pembelajaran yang baru saja dilewati
2. Penegasan
guru tentang manfaat kemampuan menerapkan pola gilir dalam kepewaraan
4. Doa
penutup
|
|
|
Remedi, pengayaan
|
|
V. Sumber Belajar
a. Modul
Bahasa Indonesia
b. Teks cerita dialog / drama
c. Contoh susunan acara diskusi/seminar/rapat
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian
proses, penilaian hasil karya
b. Bentuk: Esai
c. Instrumen: Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku
Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaian :
terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap
/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas =
10%)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter demokratis
1. Cara berfikir yang mencerminkan
kesamaan hak dan kewajiban dirinya dan orang lain,
2. Cara bersikap yang mencerminkan kesamaan hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
3. Cara bertindak yang mencerminkan kesamaan hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
4. Cara berbicara dengan
kalimat-kalimat yang santun yang mencerminkan asas demokrasi
Contoh soal evaluasi :
2. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 1 moderator, 2-3 penyaji, 1 notulis. Tampilkan pelaksanaan diskusi yang
baik di depan kelas. (Siswa yang tidak sedang tampil diharapkan menjadi peserta
yang aktif). Pilih 1 tema yang menarik bagi kelompok Anda.
(a) Penjaminan
tabungan masyarakat oleh pemerintah
(b) Penetapan UMP (Upah Minimum Propinsi) / UMD (Upah Minimum Daerah)
(c) Pengelolaan
hutan oleh rakyat.
3. Susunlah mata acara untuk
kegiatan berikut dan simulasikan pembawaannya: (pilih salah satu):
- Perpisahan siswa kelas XII SMK
- Malam tirakatan HUT Kemerdekaan RI
- RAT Koperasi Unit Desa Sukamulya
PEDOMAN
PENILAIAN
No Soal
|
Skor maksimal
TIAP ASPEK
|
Skor Total MaksIMAL
|
1
|
Kesesuaian
isi : 5
|
5
|
|
Kebahasaan:
5
|
5
|
|
|
|
2
|
Logika
pendapat: 5
|
5
|
|
Kelancaran
bicara: 5
|
5
|
|
Kebahasaan
: 5
|
5
|
|
|
|
3
|
Kebenaran
susunan acara:5
|
5
|
|
Kelancaran
penyajian: 5
|
5
|
|
Bahasa
penyajian: 5
|
5
|
|
|
|
Jml
skor total maksimal
|
40
|
Nilai Akhir
Maksimal = (40 : 4) x 10 = 100
................,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
((RPP) 2.8
Nama Sekolah : ..................
Program
Keahlian : ..............................
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : XI / 3
Pertemuan : 1
- 2
Alokasi
Waktu :
4 jam pelajaran
Standar
Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
tingkat madia
Kompetensi
Dasar : 2.8
Bercakap-cakap secara spontan dengan mitra bicara dalam konteks kerja
KKM
: 70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa : Bersahabat /
komunikatif (Tindakan yang
memperlihatkan senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain)
Indikator:
* Kata atau ungkapan untuk memulai dan
mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun nonformal (misalnya pembawaan acara
tv, radio, dan rapat) digunakan
secara tepat, efektif, dan komunikatif
* Pola
gilir percakapan secara aktif untuk keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan,
pendapat, atau menyatakan penghargaan diterapkan secara
komunikatif
* Mengalihkan
topik pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan
ungkapan yang tepat dan komunikatif
* Menyatakan pendapat yang berbeda secara komunikatif tanpa menimbulkan konflik secara
halus dan santun
I.
Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan
|
Siswa dapat:
|
1
|
1.
menusun kalimat dengan kata atau
ungkapan untuk memulai dan mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun
nonformal (misalnya pembawaan acara tv, radio, dan rapat) secara tepat, efektif, dan
komunikatif
2.
menyajikan ungkapan/kalimat-kalimat
untuk memulai dan mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun nonformal (misalnya pembawaan
acara tv, radio, dan rapat) secara tepat, efektif dan komunikatif
|
2
|
3. mengalihkan
topik pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan
ungkapan yang tepat dan komunikatif
4. menerapkan
pola gilir percakapan secara aktif untuk keperluan mengajukan pertanyaan,
tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan secara
komunikatif
5.
menyatakan ketidaksetujuan (pendapat
yang berbeda) secara komunikatif tanpa
menimbulkan konflik secara halus dan santun
|
II. Materi Pembelajaran :
* Etika dan norma konversasi
* Model ungkapan yang efektif (untuk mengawali
dan mengakhiri percakapan/pembicaraan)
* Kata/ungkapan bernuansa konflik yang harus
dihindari
* Wawancara
III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, bermain peran,
penugasan
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
|
Keg Awal
(5 Menit)
|
Keg Inti
(75 menit)
|
Keg Akhir
(10 Menit)
|
1
|
1. Salam pembuka;
Doa; Presensi
2. Tanya jawab dan penjelasan guru tentang
pentingnya kemampuan mengawali dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan secara
santun dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja seperti pembawaan
acara tv, radio, dsb.
3. Penjelasan tentang cara penilaian proses
4. Pembentukan kelompok 3-5 orang.
|
Eksplorasi
a. Siswa membaca contoh-contoh kalimat untuk
mengawali pembicaraan pada berbagai situasi
b. Siswa
membaca contoh-contoh kalimat untuk mengakhiri pembicaraan pada berbagai
situasi
Elaborasi
a. Siswa dalam kelompok menyusun
kalimat-kalimat untuk mengawali dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan pada
berbagai situasi, misalnya pembawaan acara tv, radio, rapat)
b. Siswa mempresentasikan kalimat- kalimat untuk
memulai dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan pada berbagai situasi
(misalnya pembawaan acara tv, radio, rapat) secara komunikatif
c. Siswa lain menanggapi penyajian kelompok/siswa penyaji secara komunikatif
Konfirmasi
a. Masukan guru
tentang penyajian siswa
b. Tanya jawab lisan
sebagai bentuk penguatan (reinforcement)
|
1. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan
mengawali dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan secara santun dalam
bercakap-cakap, berdiskusi, atau berwawancara dalam kehidupan sehari-hari
maupun dalam dunia kerja.
2. Informasi kegiatan belajar lanjut
3. Doa penutup
|
2
|
1. Salam pembuka;
Doa; Presensi
2. Tanya jawab dan penjelasan guru tentang
pentingnya kemampuan mengalihkan topik (topic switching) secara halus,
mengajukan
pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan dan mengemukakan beda
pendapat secara halus dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.
3. Penjelasan tentang cara penilaian
4. Pembentukan kelompok 3-5 orang.
|
1. Eksplorasi
Siswa
mempelajari
* ungkapan-ungkapan / kalimat- kalimat untuk mengalihkan topik (topic
switching) secara halus,
* ungkapan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan secara komunikatif
* ungpakan untuk menyatakan ketidaksetujuan (pendapat yang berbeda)
secara komunikatif tanpa menimbulkan konflik
secara halus dan santun
2. Elaborasi
a. Siswa dalam kelompok
mempraktikkan pengalihan pembicaraan (topic switching) secara halus
dengan menggunakan ungkapan yang tepat dan komunikatif
b. Siswa dalam kelompok menyusun
kalimat-kalimat untuk mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau
menyatakan penghargaan secara komunikatif
c. Siswa dalam kelompok menyusun
kalimat ketidaksetujuan (pendapat yang berbeda) secara
komunikatif tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun
d. Siswa mempresentasikan hasil
kerja kelompok dengan cara diundi atau tunjukan guru secara acak.
3. Konfirmasi
a. Umpan balik /
masukan siswa dan guru terhadap penyajian siswa
b. Tanggapan
balik siswa terhadap masukan guru.
|
1. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan mengalihkan
topik (topic switching) secara halus, mengajukan pertanyaan,
tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan dan mengemukakan beda pendapat
secara halus dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.
2. Doa penutup
|
V. Sumber Belajar
a. Modul Bahasa Indonesia
b. Narasumber
VI. Penilaian
a. Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian
proses, penilaian portofolio
b. Bentuk: Pilihan ganda, esai
c. Instrumen: Soal : di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
Kunci Jawaban : di dalam Buku
Kunci (terlampir)
Pedoman Penilaian :
terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap
/ Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas =
10%)
|
|
NILAI KARAKTER (0-100)
|
AKADEMIK
|
NILAI
|
NILAI
|
NILAI
|
KET
|
|||||||
NO
|
NAMA
|
ASPEK (@ maks 25)
|
RATA2
|
AWAL
|
RMD
|
PNGAY
|
NAK
|
PRAK
|
TUGAS
|
AKHIR
|
TUNTAS/
|
|||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
(N1)
|
(0-100)
|
(0-100)
|
(TAMB)
|
(N2)
|
(N3)
|
(N4)
|
SK/KD
|
BELUM
|
PRODI
:
|
AV
|
|
|
|
|
20%
|
|
|
|
70%
|
|
10%
|
|
|
01
|
Desi Hermawati
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
100
|
TUNTAS
|
02
|
Devia Yuliantary
|
10
|
10
|
10
|
10
|
40
|
100
|
|
|
100
|
|
100
|
88
|
TUNTAS
|
03
|
Ika Riyanti
|
25
|
25
|
25
|
25
|
100
|
50
|
78
|
|
70
|
|
100
|
79
|
TUNTAS
|
04
|
Lina Novi Ani
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
80
|
|
5
|
85
|
|
90
|
85
|
TUNTAS
|
Aspek karakter komunikatif / bersahabat
1. Senang berbicara
2. Senang bergaul
3. Senang bekerja sama
4. Berbicara secara santun
Contoh soal evaluasi :
Lakukan hal-hal
berikut!
1. Mengawali
pembawaan acara rapat pada suatu malam dengan sapaan dan salam.
2. Mengawali
pembicaraan telepon dengan orang yang Anda hormati.
3. Mengawali
pembicaraan untuk menerima telepon di kantor.
10. Menyatakan
ketidaksetujuan secara halus dan memberi solusi yang tepat terhadap masalah
berikut.
“Kota
ini semakin padat. Hampir setiap pagi ketika orang berangkat bekerja atau sore
ketika mereka pulang, jalan ini selalu macet. Faktor yang menjadi penyebab utama
menurut hemat saya ialah di samping sempitnya jalan juga masih beroperasinya andong dan becak
yang jalannya sangat lambat sehingga
menghambat kendaraan lain.”
PEDOMAN PENILAIAN
No Soal
|
Skor maksimal
TIAP SOAL
|
Skor Total MaksIMAL
|
1-11
|
Ketepatan
isi: 5
|
5
|
|
Kebahasaan:
5
|
5
|
|
Kelancaran:
5
|
5
|
|
Ekspresi:5
|
5
|
|
|
|
Jml
skor total maksimal: 20 x 5 soal
|
100
|
Nilai Akhir Maksimal = 100
...................,
Juli 2011
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar