Laman

Jumat, 10 Februari 2012

RPP BAHASA INDONESIA UNTUK SMK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2-1

Nama Sekolah                                :    .................
Program Keahlian                           :    ....................
Mata Pelajaran                                :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                             :    X / 3
Pertemuan ke                                 :   1-4
Alokasi Waktu                                :   8 jam pelajaran
Standar Kompetensi                       :    Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara
                                                            tingkat  madia
Kompetensi Dasar                           :    2.1 Menyimak untuk menyimpulkan informasi
                                                                  yang   tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja
KKM                                              :    70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa :    Cinta Tanah Air  (Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa)
Indikator:
*    Informasi lisan tentang kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia diubah ke dalam bentuk non-verbal (bagan/tabel/diagram/  grafik/ denah/matriks) sebagai wujud cinta tanah air
*    Hubungan antara bahasa dan perkembangan budaya,  bahasa dan proses berpikir, bahasa dan logika, bahasa dan matematika diidentifikasi sebagai wujud cinta tanah air.
*    Hubungan antarevidensi/fakta digunakan untuk melengkapi paragraf/wacana dengan kalimat yang koheren (padu).
*    Pendapat/opini disampaikan dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan yang akurat secara deduktif atau induktif
*    Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam menyimpulkan suatu informasi secara deduktif atau induktif sebagai wujud cinta tanah air.

I.    Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.   mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuk non-verbal (bagan/tabel/diagram/   grafik/ denah/matriks) tentang fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, daerah, dan asing sebagai wujud cinta tanah air,
2.   menyimpulkan hubungan antara bahasa dan perkembangan budaya, sebagai wujud cinta tanah air
3.   menyimpulkan hubungan antara berbahasa dan berpikir sebagai wujud cinta tanah air    
2
4.   menyimpulkan hubungan antara bahasa dan logika sebagai wujud cinta tanah air
5.   mengidentifikasi hubungan-hubungan logis antar berbagai fakta atau evidensi,
6.   menerapkan cara berpikir logis untuk melengkapi wacana/paragraf dengan kalimat-kalimat yang koheren (padu) dan logis,
7.   menyimpulkan peranan matematika dalam penyusunan kalimat-kalimat logis dan menerapkannya dalam membuat kalimat/wacana,
3
8.   mengidentifikasi simpulan induktif dan deduktif dari suatu teks.
9.   menyampaikan pendapat/opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat secara deduktif atau induktif dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai wujud cinta tanah air.
4
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan

II.  Materi Pembelajaran :      
1.   Teknik membuat catatan verbal dan non-verbal sebagai dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
2.   Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
3.   Teknik menyampaikan simpulan dan pendapat
4.   Teknik membuat simpulan lisan maupun tulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa / sikap berbahasa yang positif.


III.  Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, Demonstrasi, Penugasan

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti  (75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Memotivasi siswa
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4. Tanya jawab tentang peran bahasa Indonesia dalam mempersatukan bangsa Indonesia, pengembangan budaya, dan teknologi sebagai wujud cinta tanah air

1.    Eksplorasi
      Siswa menyimak berbagai informasi yang disampaikan secara lisan tentang kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia,  bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat berpikir, bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan.
2.    Elaborasi
a. Siswa mencatat ide-ide pokok dari informasi yang disimaknya (tentang kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia,  bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat berpikir, bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan.  
b. Siswa mengubah informasi tentang kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing di Indonesia  ke dalam bentuk non-verbal
c. Siswa menyimpulkan materi simakan tentang bahasa sebagai sarana berkomunikasi dan alat berpikir, dan bahasa sebagai unsur dan pengembang kebudayaan.  
3.   Konfirmasi
a.  Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk reinforcement (penguatan)
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati
2. Penegasan guru tentang perlunya siswa memiliki kesadaran berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai wujud cinta tanah air.
3. Informasi kegiatan lanjutan
4. Salam penutup

2
1.  Salam pembuka, doa, presensi
2.  Memotivasi siswa
3.  Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4.  Tanya jawab tentang hubungan bahasa dan matematika dalam komunikasi

1.   Eksplorasi
a.  Siswa menerapkan cara berpikir logis untuk melengkapi wacana dengan kalimat-kalimat yang koheren dan logis.
b.  Siswa menyimpulkan peranan matematika dalam penyusunan kalimat-kalimat logis dan menerapkannya dalam membuat kalimat/wacana.
2.  Elaborasi
a.   Siswa menyimpulkan hubungan antara bahasa dan logika
b.  Siswa mengidentifikasi hubungan-hubungan logis antarberbagai fakta atau evidensi.
c.   Siswa menerapkan cara berpikir logis untuk melengkapi wacana dengan kalimat-kalimat yang koheren dan logis.
d.  Siswa menyimpulkan peranan matematika dalam penyusunan kalimat-kalimat logis dan menerapkannya dalam membuat kalimat/wacana.
3.  Konfirmasi
a.  Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk reinforcement (penguatan)

1.    Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati    
2.    Penegasan guru tentang perlunya siswa memiliki kesadaran berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sebagai wujud cinta tanah air.
3.    Informasi kegiatan lanjutan
4.    Salam penutup

3
1.      Salam pembuka; Doa; Presensi
2.      Memotivasi siswa
3.      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4.      Tanya jawab tentang kesimpulan deduktif dan induktif

1.  Eksplorasi
a.  Siswa membaca contoh-contoh penarikan simpulan induktif, deduktif, dan campuran
b.  Siswa menyimak berbagai informasi deduktif,  deduktif, dan campuran.
2.  Elaborasi
a.   Siswa mengidentifikasi simpulan induktif dan deduktif dari suatu teks.
b.   Siswa menyampaikan pendapat/ opini dengan menggunakan teknik penyampaian simpulan dan pendapat secara deduktif atau induktif dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk reinforcement (penguatan)

1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati
2. Penegasan guru tentang penyampaian simpulan secara induktif dan deduktif.
3. Informasi akan danya evaluasi
4. Salam penutup

4
1. Salam pembuka; doa,  presensi
2. Penegasan adanya evaluasi.
Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, dan pengayaan

Doa penutup, salam penutup

V.  Sumber Belajar
a.       Modul Bahasa Indonesia 2A, Drs.Maskurun dkk.
b.      Kaset / rekaman dari LP2IP YK
c.       Narasumber
d.      Kamus Bahasa Indonesia

VI.  Penilaian
a.  Teknik             :  Penilaian proses,  lisan, perbuatan, tertulis
b.  Bentuk                        :  Pilihan ganda, uraian
c.  Instrumen        :  
     - Soal                           : di dalam buku soal (terlampir)
     - Kunci jawaban          : di dalam buku kunci (terlampir)

Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS

Aspek karakter cinta tanah air:
1.   Menunjukkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia
2.   Menunjukkan kepedulian terhadap bahasa Indonesia
3.   Menunjukkan penghargaan  terhadap bahasa Indonesia
4.   Menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa Indonesia

Contoh soal evaluasi :
A.   Simaklah rekaman evidensi-evidensi berikut, dan pilihlah kalimat lanjutan yang koheren (padu) dan membentuk hubungan logis.
Rekaman B.1.1.F
1.   
      a.    Meningkatnya iklim investasi tentunya juga akan meningkatkan sektor riil, menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi pengangguran.   
      b.    Biasanya melonjaknya pertumbuhan bisnis properti di samping berdampak pada meningkatnya sektor riil, juga sering menjadi pemicu meningkatnya inflasi.
2.   
      a.    Sehingga dapat disimpulkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan ukuran kesejahteraan dan harga diri bangsa sebagai lembaga maupun individu.
      b.    Ini dapat dilihat dari anggaran penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang hanya 0,18% dari product domestic brutto (PDB).
3.
      a.    Oleh karena itu, orientasi pembangunan ke depan hendaknya lebih bertitik berat pada pembangunan sektor kelautan karena sektor ini akan lebih  menjamin kesejahteraan yang berkelanjutan.
      b.    Oleh karena itu, perampokan dan penggelapan kekayaan laut ratusan triliun rupiah yang terdiri atas pasir laut 72 triliun dan kekayaan laut lainnya 36 triliun harus diusut.

C.   Simaklah rekaman-rekaman berikut dan tentukan apakah menggunakan pola berpikir deduktif,  induktif, atau campuran.
Rekaman B.1.1.H
11.____________
12.____________
13.____________
14.____________ 
15.____________ 
16. ____________
17. ____________
18. ____________
19. ____________
20. ____________


PEDOMAN PENILAIAN


No Soal
Skor maksimal
TIAP SOAL
Skor Total MaksIMAL
1-40
1
40


















Jml skor total maksimal
40

Nilai Akhir Maksimal = 40 : 4 = 10

                                                                                                       .................., Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



     ............................                                                               ...........................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2-2

Nama Sekolah                                :    ....................
Program Keahlian                           :    ..........................
Mata Pelajaran                                :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                            :    X / 3
Pertemuan ke                                 :   1-3
Alokasi Waktu                              :   4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                      :    Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar                         :    2.2       Menyimak untuk memahami perintah yang diungkapkan atau yang tidak dalam konteks bekerja
KKM                                             :   70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa:     Rasa ingin tahu (Sikap dan tindakan berupaya untuk mengetahui lebih  mendalam dan meluas dari sesuatu yang didengar).
Indikator :
*    Isi perintah eksplisit maupun implisit secara meluas dan mendalam dirumuskan kembali (secara lisan maupun tulisan)
*    Isi perintah dituliskan/dirumuskan kembali dalam bentuk kerangka atau bagan
*    Kegiatan yang dilakukan berdasarkan isi perintah secara lisan/tertulis disebutkan secara urut.
*    Kebenaran rencana kegiatan dikonfirmasikan kepada pemberi perintah

I.   Tujuan Pembelajaran :
Tujuan
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.   mengenali perintah yang halus dan kurang halus dan memperbaiki perintah yang kurang halus.
2.   mengidentifikasi perintah-perintah eksplisit dan implisit secara meluas dan mendalam
3.   merumuskan kembali isi perintah dengan menggunakan kiat mengenali perintah   secara meluas dan mendalam
2
4.   menyebutkan kegiatan yang akan dilaksanakan berdasarkan isi perintah dan mengkonfirmasikannya kepada atasan
5.    menuliskan kegiatan yang akan dilakukan dalam bentuk bagan atau karangan mengkonfirmasikannya kepada atasan
6.    merespon aneka perintah dengan tepat sesuai dengan sifat perintah.
3
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan


II.  Materi Pembelajaran :            
      *    Kiat mengenali perintah lisan, seperti intonasi dan tekanan
      *    Kiat merumuskan perintah atau rencana tindak lanjut dalam bentuk kerangka atau bagan


III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, diskusi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti 
(75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1.  Salam pembuka; Doa; Presensi
2.  Tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3.  Tanya-jawab tentang pentingnya kemampuan memahami perintah dalam dunia kerja dan kehidupan pada umumnya

1.  Eksplorasi
a.   Siswa mengenali ciri perintah
b.   Siswa mengenali perintah halus dan kurang halus, perintah eksplisit dan implisit.
c.   Siswa menyimak teks berisi macam-macam perintah
2.  Elaborasi
a.   Siswa mengenali perintah yang halus dan kurang halus danmemperbaiki perintah yang kurang halus.
b.   Siswa mengidentifikasi perintah-perintah eksplisit dan implisit secara meluas dan mendalam
c.   Siswa merumuskan kembali isi perintah dengan tepat.  
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.   Siswa menjawab pertanyaan lisan untuk penguatan (reinforcement)
1.        Komentar siswa tentang modul yang baru saja dipelajari
2.        Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami perintah baik eksplisit maupun implisit dalam kehidupan sehari-hari dan/atau dunia kerja.
3. Informasi pelajaran lanjut
4. Doa penutup

2
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
3. Tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4. Tanya-jawab tentang pentingnya kemampuan memahami perintah dalam dunia kerja dan kehidupan pada umumnya


1.  Eksplorasi
    Siswa menyimak teks berisi aneka perintah
2.  Elaborasi
a.   Siswa menyebutkan kegiatan yang akan dilaksanakan berdasarkan isi perintah dan mengkonfirmasikannya kepada atasan
b.   Siswa menuliskan kegiatan yang akan dilakukan dalam bentuk bagan atau karangan mengkonfirmasikannya kepada atasan
c.   Siswa merespon aneka perintah dengan tepat, meluas dan mendalam sesuai dengan sifat perintah.
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan untuk penguatan (reinforcement)

1.        Komentar siswa tentang modul yang baru saja dipelajari
2.        Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami perintah baik eksplisit maupun implisit dalam kehidupan sehari-hari dan/atau dunia kerja.
3. Informasi rencana evaluasi
4. Doa penutup

3
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2.                                            Penegasan akan adanya evaluasi
Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan

Doa penutup

V.  Sumber Belajar
a.  Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun dkk, LP2IP
b.  Kaset dari LP2IP
c.  Narasumber
d.  Kamus Besar Bahasa Indonesia

VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b.   Bentuk: Pilihan ganda, esai
c.  Instrumen:       Soal                             :  di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                             Kunci Jawaban            :  di dalam Buku Kunci (terlampir)
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir

Lembar Penilaian Proses Terpadu antara aspek Soft Skill / Sikap / Karakter dan aspek Akademik (dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%;  bobbot ini boleh sesuai dengan sifat kompetensi/materi)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS

Aspek karakter rasa ingin tahu:
1. Memperhatikan dengan saksama
2. Tekun mencatat / mengumpulkan data
3. Mencari informasi lanjutan/tambahan
4. Mengajukan pertanyaan ekstensif (pertanyaan untuk tahu lebih jauh)

Contoh soal:
A.  Rekaman B.1.2.H
      (Monolog “TIPS MEMILIH MOBIL” untuk soal nomor  21-35)
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat.
21.   Untuk memilih bodi mobil yang bagus jangan melihatnya secara tegak lurus. Mengapa? 
      a.    Sebaiknya diamati dengan sudut pandang  300.    
      b.    Dengan sudut pandang miring bekas benturan akan kelihatan.           
      c.    Dengan sudut pandang tegak lurus bekas benturan kelihatan samar-samar.
22.   Faktor yang menjadi penyebab keroposnya bodi adalah ….
      a.    debu dan air                      
      b.    kotoran dan banjir    
       c.    kotoran dan air
23.   Kriteria bodi mobil yang bagus adalah ….
      a.    tidak bergelombang, mengkilap, tidak berdempul
      b.    tidak bergelombang, tidak keropos, tidak berdempul tebal
      c.    permukaan rata, tidak pernah terkena benturan, tidak berdempul tebal


B.    Rekaman B.1.2.I 
      (Monolog “STRATEGI MEMPERTAHANKAN PERUSAHAAN”untuk soal nomor 36-55)
        Berdasarkan rekaman tadi, lengkapilah Bagan Strategi Mempertahankan Perusahaan berikut ini!
        Bagan Strategi Mempertahankan Perusahaan
 







 

 

 






PEDOMAN PENILAIAN


No Soal
Skor maksimal
TIAP SOAL
Skor Total MaksIMAL
1-60
1
60
61-70
2
20



Jml skor total maksimal
80

Nilai Akhir Maksimal = (80 : 8) x 10 = 100


                                                                                                       ................, Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



............................                                                               ....................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2-3

Nama Sekolah                                :    ...................
Program Keahlian                           :    .......................
Mata Pelajaran                                :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                             :    XI / 3
Pertemuan                                       :    1-3
Alokasi Waktu                                :    6 jam pelajaran
Standar Kompetensi                       :    Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar                          :    2.3. Memahami perintah kerja tertulis
KKM                                              :   70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa :    Realistis (Kemampuan menggunakan fakta/realita sebagai landasan berpikir yang rasional dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan/perbuatan)
Indikator                              :
*    Informasi yang berkaitan dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja dikenali dengan saksama
*    Tindak lanjut terhadap perintah berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca informasi dari perintah kerja tertulis direncanakan dengan baik secara realistis
*    Bagan/prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis dibuat dengan tepat dan realistis
*    Rencana kegiatan yang realistis (secara lisan/tulisan) diinformasikan kepada pemberi perintah secara tepat

I.   Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.   mengidentifikasi berbagai perintah dari suatu teks tertulis (surat perintah, edaran, pengumuman)  
2.   merencanakan tindakan lanjutan secara realistis berdasarkan catatan yang dibuat pada waktu membaca perintah kerja tertulis
3.   menanyakan kebenaran rencana kegiatan yang akan dilaksanakan (secara lisan atau tertulis) kepada pemberi perintah kerja.
2
4.  mengidentifikasi berbagai perintah dari suatu teks tertulis (memo, disposisi, buku manual).                        
5.   membuat bagan atau prosedur kerja berdasarkan perintah kerja tertulis secara realistis
6.    merencanakan tindakan/kegiatan secara realistis sesuai dengan perintah yang diterima. 
7.   menanyakan kebenaran rencana kegiatan yang akan dilaksanakan (secara lisan atau tertulis) kepada pemberi perintah kerja.
8.   mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kalimat yang sering muncul dalam aneka bentuk perintah kerja tertulis serta dapat membetulkannya.
3
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan

II.  Materi Pembelajaran      :   
      1.   Teks Perintah Kerja Tertulis (Surat Perintah, Edaran, Pengumuman, Memo, Disposisi, Buku Manual Kerja)
      2.   Informasi mengenai kebiasaan peraturan atau budaya kerja yang berlaku di tempat bekerja
      3.   Kiat menyikapi perintah kerja yang maksudnya sama tetapi dirumuskan dalam bentuk dan redaksi yang berbeda

III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, praktik, presentasi


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti 
(75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1. Salam pembuka; Doa; Presensi
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Tanya-jawab tentang pentingnya kemampuan memahami perintah dalam dunia kerja dan kehidupan pada umumnya sebagai motivasi

1.  Eksplorasi
    Siswa membaca bermacam-macam perintah kerja tertulis (surat perintah, edaran, pengumuman)
2.  Elaborasi
a.     Siswa mempelajari contoh surat perintah/tugas, menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, membuat bagan tata hubungan antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba membuat surat sejenis secara realistis.
b.    Siswa mempelajari contoh edaran, menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan tata hubungan antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba membuat edaran sejenis secara realistis.
c.     Siswa mempelajari contoh pengumuman, menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan tata hubungan antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba membuat pengumuman sejenis secara realistis.
3.  Konfirmasi
a.    Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk reinforcement (penguatan)
                                              
1. Komentar/ siswa tentang manfaat yang diperoleh dari modul yang baru saja dipelajari
2.         Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami serta membuat perintah kerja tertulis dalam dunia kerja.
3. Informasi pelajaran lanjutan
4.                                            Doa penutup
2
1.   Salam pembuka; Doa, Presensi
2.   Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3.   Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami aneka bentuk perintah kerja tertulis dalam dunia kerja dan kehidupan pada umumnya


1.  Eksplorasi
    Siswa membaca macam-macam perintah kerja tertulis (memo, disposisi dan manual)
2.  Elaborasi
a.  Siswa mempelajari contoh memo, menjawab   pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan tata hubungan antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba membuat memo sejenis secara realistis.
b.  Siswa mempelajari contoh disposisi, menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan tata hubungan antarberbagai pihak yang terlibat, merencanakan tindak lanjut, serta mencoba membuat disposisi sejenis secara realistis.
c.  Siswa mempelajari contoh manual (buku petunjuk), menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi, dan membuat bagan, serta merencanakan tindakan secara realistis sesuai dengan isi manual.
d.  Siswa mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kalimat yang sering muncul dalam aneka bentuk perintah kerja tertulis serta dapat membetulkannya.
3.  Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement)
1.  Komentar siswa tentang modul yang baru saja dipelajari
2. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami serta membuat perintah kerja tertulis dalam dunia kerja.
3.  Informasi rencana evaluasi
4. Doa penutup


3
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2.                                            Penegasan akan adanya evaluasi
Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan

Doa penutup

V.  Sumber Belajar
a.  Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun dkk, LP2IP
b.  Kaset dari LP2IP
c.  Narasumber
d.  Kamus Besar Bahasa Indonesia

VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b.   Bentuk: Pilihan ganda, esai
c.  Instrumen:       Soal                             :  di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                             Kunci Jawaban            :  di dalam Buku Kunci (terlampir)
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir
Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS

Aspek karakter Realistis
1.   Merumuskan kembali perintah secara realistis
2.   Merencanakan tindakan secara realistis
3.   Mengambil keputusan secara realistis
4.   Menghindari hal-hal yang tidak realistis dalam segala aspek kehidupan

Contoh soal evaluasi :

Bacaan 2
 
 




























Pertanyaan:
1) Siapa yang diberi perintah dalam disposisi tersebut?
2) Apa perintahnya?   

B.  UJI KAIDAH
Perbaiki kalimat-kalimat salah berikut ini.
1.    Berhubung dengan hari hujan, latihan badminton ditiadakan.
2.    Bersama ini diumumkan bahwa pada hari Minggu akan diadakan kerja bakti.
3.    Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini saya lampirkan ....
4.    Bagi para penumpang yang membawa tas besar harap dimasukkan bagasi.
5.    Bagi pemilik mobil angkutan umum yang berusia lebih dari 15 tahun tidak boleh dioperasikan lagi.


PEDOMAN PENILAIAN


No Soal
Skor maksimal
TIAP SOAL
Skor Total MaksIMAL
A. Teks 1:A.1-10
1
10
                  B.1-10
3
30
      Teks 2: 1-10
1
10
      Teks 3: 1-10
1
10
      Teks 4: 1-10
1
10
B. 1-5
2
10



Jml skor total maksimal
80

Nilai Akhir Maksimal = (80 : 8) x 10  = 100

                                                                                                       ............., Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



............................                                                               ...................................




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.4


Nama Sekolah                                :    ......................
Program Keahlian                           :    .........................
Mata Pelajaran                                :    Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                             :    XI / 3
Pertemuan                                      :    1 dan 2
Alokasi Waktu                               :    4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                       :    Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar                         :     2.4 Membaca untuk memahami makna kata, bentuk kata, ungkapan, dan kalimat dalam konteks bekerja
KKM                                              :   70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa:     Rasa ingin tahu (Sikap dan tindakan berupaya untuk mengetahui lebih  mendalam dan meluas dari sesuatu yang dibaca).
Indikator                              :
Pertemuan 1                        
*    Kata, bentuk kata, ungkapan dan kalimat dikelompokkan berdasarkan kelas kata dan makna kata
*    Kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim dan antonim dalam teks bacaan didaftar secara lengkap, dan dicari sinonim atau antonimnya.
*    Kata (termasuk bentuk kata baru) frasa, atau kalimat yang berdasarkan paradigma atau analogi dipersoalkan kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) diidentifikasi secara meluas dan mendalam.
*    Kata, frasa, kalimat atau bentuk kata baru yang perlu dipersoalkan kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan kaidah atau kelaziman diidentifikasi secara meluas dan mendalam.

I     Tujuan Pembelajaran:
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.   mengelompokkan kata berdasarkan bentuk dan kategori/kelasnya serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya.
2.   menerapkan kaidah penyerapan kata asing ke dalam bahasa Indonesia secara meluas dan mendalam
3.   mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim lalu mencari sinonimnya serta mengidentifikasi perbedaan nuansa makna atau kolokasinya secara meluas dan mendalam.
4.   mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki antonim dalam teks bacaan lalu mencari antonimnya secara meluas dan mendalam.
5.   mengidentifikasi kata bentukan (termasuk bentuk kata baru) yang dipersoalkan kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah serta kelaziman secara meluas dan mendalam.
2
6.   mengidentifikasi frasa dan ungkapan dalam kalimat berdasarkan kelas/kategorinya serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya.
7.   mencari ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk kata/frasa tertentu yang terdapat dalam suatu teks secara meluas dan mendalam.
8.   mengidentifikasi frasa atau kalimat yang perlu dipersoalkan kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah atau kelaziman secara meluas dan mendalam.
Evaluasi, pembahasan, penilaian, remedi, pengayaan


II.  Materi Pembelajaran      :   
1.   Informasi mengenai hubungan antara makna kata, bentuk kata, dan pemakaian kata
2.   Peran dan manfaat kamus dalam belajar bahasa dan dalam kehidupan berbahasa dan bernegara
3.   Proses pembentukan kata baru
4.   Relasi makna (sinonim, dan antonim), ungkapan idiomatik, dan bentuk kata
5.   Uji bentuk kata dengan paradigma kata
6.   Uji frasa dengan paradigma frasa

III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
      Pertemuan 1
Kegiatan
Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti 
(75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1. Salam pembuka; Doa; Presensi
2.        Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3.         Penegasan guru tentang pentingnya menggunakan bahasa secara cermat dalam dunia kerja sehingga tidak muncul kalimat-kalimat salah yang memalukan.

1.  Eksplorasi
a.   Siswa membaca penjelasan tentang kelas kata, bentuk kata, macam-macam makna, penggunaan kamus, dan kaidah penyerapan kata asing.
b.  Siswa membaca berbagai teks (narasi, deskripsi, dan argumentasi) secara mendalam
2.  Elaborasi
a.   Siswa  mengelompokkan kata berdasarkan bentuk dan kategori/kelasnya serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya
b.   Siswa menerapkan kaidah penyerapan kata asing ke dalam bahasa Indonesia secara meluas dan mendalam
c.   Siswa  mengidentifikasi frasa dan ungkapan secara meluas dan mendalam dalam kalimat berdasarkan kelas/kategorinya, menjelaskan maknanya,  serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya.
d. Siswa mencari ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk menggantikan kata/frasa tertentu yang terdapat dalam suatu teks secara meluas.
e.   Siswa mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki sinonim lalu mencari sinonimnya serta mengidentifikasi perbedaan nuansa makna atau kolokasinya secara meluas dan mendalam.
f.    Siswa mendaftar kata-kata yang berpotensi memiliki antonim dalam teks bacaan lalu mencari antonimnya secara mendalam.
g.   Siswa mengidentifikasi kata bentukan (termasuk bentuk kata baru) yang dipersoalkan kebenaran/ketepatannya (diterima/ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah serta kelaziman secara meluas dan mendalam.
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement)

1. Komentar siswa tentang manfaat yang diperoleh dari modul yang baru saja dipelajari
2. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memahami kategori dan makna kata/ frasa/ungkapan dalam menghasilkan kalimat-kalimat yang berterima.
3.  Informasi pembelajaran lanjut
4.  Doa penutup

2
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2.        Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penegasan guru tentang pentingnya menggunakan bahasa secara cermat dalam dunia kerja sehingga tidak muncul kalimat-kalimat salah yang memalukan.


1.         Eksplorasi
a. Siswa membaca berbagai teks (narasi, deskripsi, dan argumentasi) secara mendalam
b. Siswa mencari ungkapan atau parafrasa yang tepat untuk menggantikan kata/frasa tertentu yang terdapat dalam suatu teks.
2.  Elaborasi
a. Siswa  mengidentifikasi frasa dan ungkapan dalam kalimat berdasarkan kelas/kategorinya, menjelaskan maknanya,  serta menggunakannya dalam kalimat sesuai dengan maknanya secara meluas dan mendalam.
b. Siswa mengidentifikasi frasa atau kalimat yang perlu dipersoalkan kebenaran/ ketepatannya (diterima/ ditolak) berdasarkan paradigma atau analogi dan kaidah atau kelaziman secara meluas dan mendalam.
3. Konfirmasi
a. Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b. Siswa menjawab pertanyaan penguatan (reinforcement)


1.  Komentar siswa tentang modul yang baru saja dipelajari
2.                                            Penegsan guru tentang pentingnya kemampuan mengkritisi bentuk-bentuk kata/frasa berdasarkan kaidah/analogi dan kelaziman untuk pembinaan bahasa Indonesia pada masa-masa mendatang.
3. Informasi rencana evaluasi


Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan

Doa penutup

V.  Sumber Belajar
a.  Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun dkk, LP2IP
b.  Kaset dari LP2IP
c.  Narasumber
d.  Kamus Besar Bahasa Indonesia

VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b.   Bentuk: Pilihan ganda, esai
c.   Instrumen:      Soal                             :  di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                             Kunci Jawaban            :  di dalam Buku Kunci (terlampir)
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir

Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS

Aspek karakter cinta tanah air:
1.   Menunjukkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia
2.   Menunjukkan kepedulian terhadap bahasa Indonesia
3.   Menunjukkan penghargaan  terhadap bahasa Indonesia
4.   Menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa Indonesia
Contoh soal evaluasi :
Wacana 2 (Eksposisi)
Ramuan Jamu Pengusir Bau Kotoran Ternak (2)
Untuk membuat ramuan jamu pengusir bau kotoran ternak, Ny. Onah Lasmanah (36 tahun) yang alumnus SMA PGRI Banjar jurusan IPA ini merebus beragam limbah empon-empon dan melakukan fermentasi dengan mikroba. Prosesnya adalah sebagai berikut:
(1)   Mula-mula 30 liter air dididihkan dalam kuali dari tanah.
(2)   Setelah air mendidih, beragam limbah dari empon-empon, seperti majakan, sembung, adas pulosari, dan sirih dimasukkan ke dalam kuali itu.
(3)   Air terus dipanaskan hingga 8 jam agar kematangannya sempurna. Jamu yang kurang matang bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
(4)   Setelah 8 jam, air rebusan dalam kuali itu diangkat dari atas api, lalu didinginkan. Setelah dingin, air disaring.
(5)   Air rebusan yang telah dingin dan siap difermentasi itu disimpan dalam ember tertutup. Dalam proses ini ada penambahan mikroba, air tape, madu (yang mengandung biostarter), dan air limbah cucian beras. Proses fermentasi berlangsung hingga 8 hari. …
Koran Tempo, 19 April 2005, h. 8, diambil secukupnya dengan perubahan.
SOAL
A. Amatilah dua bagian yang bergaris bawah pada kalimat berikut ini, lalu tentukan mana yang berisi kesalahan, baik isi, kaidah, maupun ejaan,  lalu pilihlah opsi yang merupakan pembetulannya.
11.  Pertama, masukan 30 liter air ke dalam kuali dari tanah, lalu dididihkan.
                  a. masukkan            c. kedalam kuali dari tanah
                  b. masuk                d. ke dalam tanah yang dibuat kuali
12.  Beragam limbah dari empon-empon, seperti majakan, sembung, adas pulosari, dan sirih dimasukkan                                ke dalam    kuali itu    sampai air mendidih.
      a. kedalam                  c. hingga air mendidih
      b. ke                            d. setelah air mendidih
13.  Air terus dipanaskan hingga 8 jam agar supaya kematangannya sempurna.
                                                   a. agar supaya matang sempurna      
                                                   b. agar kematangannya sempurna
      Jamu yang kurang matang bakal mempengaruhi hasil akhirnya.
                                                  c.  terpengaruh
                                                  d.  berpengaruh
B.  Carilah antonim dari kata: pengusir, dipanaskan, matang, penambahan, anaerob
C.  Carilah kata bentukan yang bernosi: hasil (2 buah) , proses (2 buah) , dan alat  (1 buah)

PEDOMAN PENILAIAN

No Soal
Skor maksimal
TIAP SOAL
Skor Total MaksIMAL
Pilihan Ganda (1-40)
1
40
Uraian (B dan C)
5+5
10



Jml skor total maksimal
50
Nilai Akhir Maksimal = (50 : 5) x 10 = 100

                                                                                                       ............., Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



.........................                                                                  .................................




 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.5

Nama Sekolah                                  :      ...............
Program Keahlian                            :      .........................
Mata Pelajaran                                 :      Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                               :      XI / 3
Pertemuan                                        :      1 dan 2
Alokasi Waktu                                 :      4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                         :      Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar                            :      2.5 Menggunakan secara lisan kalimat tanya/pertanyaan dalam konteks bekerja
KKM                                               :      70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa  :      Bersahabat / komunikatif  (Tindakan yang memperlihatkan senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain)
Indikator
*    Pertanyaan yang santun untuk menggali informasi sesuai dengan topik pembicaraan diajukan secara komunikatif
*    Pertanyaan yang memerlukan jawaban ya atau tidak, misalnya untuk menjernihkan persoalan (klarifikasi) dan meminta kepastian (konfirmasi) diajukan scara komunikatif.
*    Pertanyaan retorik digunakan secara tepat sesuai dengan tujuan kamunikasi.
*    Pertanyaan tersamar untuk tujuan lain, seperti  memohon, meminta, menyuruh, mengajak, merayu, menyindir, meyakinkan, menyetujui atau menyanggah diajukan secara tepat sesuai tujuan komunikasi.

I.    Tujuan Pembelajaran      :
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.   menggunakan kalimat tanya yang santun dan tepat untuk menggali informasi sesuai dengan topik pembicaraan atau situasi secara komunikatif
2.   menggunakan/mengajukan kalimat tanya untuk menggali informasi secara komunikatif
3.   mengajukan pertanyaan yang memerlukan jawaban ”ya” atau ”tidak” sesuai dengan situasi, serta mengakhiri pertanyaan dengan santun.
4.   menjelaskan maksud kalimat tanya retorik secara tepat dan dapat membuat/menggunakannya secara komunikatif.
2
5.   menjelaskan maksud kalimat tanya tersamar dengan tujuan memohon, meminta, menyuruh, mengajak, menyindir, merayu, meyakinkan, menyetujui atau menyanggah serta dapat menggunakannya secara komunikatif sesuai dengan situasi komunikasi
6.   menilai relevan tidaknya pertanyaan dengan suatu teks / topik.
7.   memanfaatkan berbagai macam kalimat tanya dalam membuat wacana dialog.

II.  Materi Pembelajaran      :
*    Konsep kalimat tanya umum
*    Konsep dan ciri kalimat retorik
*    Dampak penggunaan kalimat retorik kepada mitra kerja
*    Konsep dan model kalimat tersamar
*    Kalimat tanya tersamar dalam kehidupan sehari-hari
*    Artikel yang mengandung ragam kalimat tanya
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, bermain peran

IV. Langkah – langkah Pembelajaran

Kegiatan
Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti 
(75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1.  Salam pembuka; Doa, Presensi
2.       Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
4.  Penjelasan tentang pentingnya kemampuan   memahami berbagai macam kalimat tanya  dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.

1.  Eksplorasi
Siswa  mempelajari, mencermati, dan memahami santun bertanya.
2.  Elaborasi
a. Siswa mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan topik pembicaraan dengan memperhatikan narasumbernya untuk menggali informasi secara santun dan komunikatif
b. Siswa mengajukan pertanyaan yang    memerlukan jawaban ya atau tidak, misalnya untuk penjernihan persoalan (klarifikasi) dan meminta kepastian (konfirmasi) dan komunikatif
c.  Siswa menjelaskan maksud/makna kalimat tanya retorik dan berlatih membuat/ menggunakannya dan komunikatif
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa  
b.  Siswa menjawab pertanyaan sebagai penguatan (reinforcemen)

1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewat
2. Penjelasan tentang pentingnya kemampuan memahami berbagai macam kalimat tanya  dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja
3.                                            Infomasi pelajaran lanjut
4. Doa penutup
2
1. Salam pembuka; Doa; Presensi
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Menjelaskan tentang pentingnya kemampuan mengajukan pertanyaan dalam dunia jurnalistik / media baik cetak maupun elektronik    

1.  Eksplorasi
Siswa membaca berbagai kalimat tanya tersamar.
2.  Elaborasi
a.   Siswa menjelaskan maksud kalimat tanya tersamar dengan tujuan memohon, meminta, menyuruh, mengajak, menyindir, merayu, meyakinkan, menyetujui atau menyanggah serta dapat menggunakannya secara komunikatif sesuai dengan situasi komunikasi
b.   Siswa menilai relevan tidaknya pertanyaan dengan suatu teks / topik.
c.   Siswa memanfaatkan berbagai macam kalimat tanya dalam membuat wacana dialog dan komunikatif.
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa  
b.  Siswa menjawab pertanyaan sebagai penguatan (reinforcemen)
1. Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewat
2. Penjelasan tentang pentingnya kemampuan memahami berbagai macam kalimat tanya  dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja
3.                                            Infomasi rencana evaluasi



Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan
Doa penutup

V.  Sumber Belajar
a.  Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun dkk, LP2IP
b.  Kaset dari LP2IP
c.  Narasumber
d.  Kamus Besar Bahasa Indonesia

VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b.   Bentuk: Esai
c.  Instrumen:       Soal                             :  di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                             Kunci Jawaban            :  di dalam Buku Kunci (terlampir)
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir

Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS

Aspek karakter bersahabat/komunikatif:
Aspek karakter komunikatif / bersahabat
1. Senang berbicara
2. Senang bergaul
3. Senang bekerja sama
4. Berbicara secara santun

Contoh soal evaluasi :
6.    Ubahlah kalimat-kalimat di bawah ini menjadi kalimat tanya tersamar!
a. Ia tidak perlu dikasihani.
b. Tolonglah orang tua yang membimbing cucunya itu menyeberang jalan.
c. Kumpulkan segera pekerjaanmu kalau tidak ingin pulang terlambat.
d. Jual saja kendaraan tuamu daripada berkali-kali kamu bawa ke bengkel.
7.    Buatlah 5 kalimat tanya yang jawabannya terdapat dalam paragraf berikut.
     Berdasarkan data Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), dalam enam bulan pertama tahun ini (hingga Juni 2009), total tercatat 1.010 usaha waralaba, dengan jumlah gerai mencapai 42.900 buah, serta mampu menyerap 819.200 tenaga kerja. Bandingkan dengan data tahun lalu (2008) yang mencatat: 855 usaha waralaba, jumlah gerai 31.827 buah, dan menyerap 523.162 tenaga kerja. Artinya, terjadi pertumbuhan bisnis franchise yang luar biasa selama beberapa bulan terakhir.

PEDOMAN PENILAIAN

Nomor
Jumlah Jawaban
Skor tiap Jawaban
Skor Total
Nilai Maks
1
9
1
9

2
9
1
9

3
3
1
3

4
3
1
3

5
4
1
4

6
4
1
4

7
5
1
5


37

37


Nilai Akhir Maksimal = 37 x 10 = 370: 3,7 =  100

                                                                                                       ................., Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



............................                                                               .................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.6

Nama Sekolah                                  :  .................
Program Keahlian                             :  ............................
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                               : XI / 3
Pertemuan                                        : 1 – 2
Alokasi Waktu                                 :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                         : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar                            :  Membuat parafrase lisan dalam konteks bekerja
KKM                                                :   70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa   :  Kreatif (Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil yang berbeda dari produk/jasa yang telah ada).

Indikator
*    Memparafrasakan informasi secara lisan dari hal yang telah dibaca secara kreatif dengan menggunakan bahasa sendiri
*    Memparafrasakan informasi secara lisan dari hal yang sudah didengar secara kreatif dengan menggunakan bahasa sendiri
                                                 
I.   Tujuan Pembelajaran      :
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.   memparafrasa secara kreatif berbagai kata/frasa dengan sinonim/parafrasanya serta menggunakannya dalam kalimat/wacana.               
2.   memparafrasa (memvariasi) secara kreatif berbagai jenis kalimat seperti aktif-pasif, langsung – tak langsung, variasi susun kata, serta variasi inversi.
2
3.   memparafrasakan teks ilmiah, puisi, dan drama/dialog sederhana yang telah dibaca / didengar dengan menggunakan bahasa sendiri secara kreatif
4.   mengubah berbagai pola penyajian suatu teks dari sebab-akibat menjadi akibat-sebab, dari kronologis menjadi flash back, dari deduktif menjadi induktif, dari klimaks menjadi antiklimaks, dan proses-hasil menjadi hasil-proses secara kreatif.

II.  Materi Pembelajaran :   
*    Pengertian parafrasa
*    Teknik menyusun parafrasa: menentukan kata kunci; menemukan ide pokok; menjelaskan sinonim kata kunci; menjelaskan makna kata metaforis/ungkapan lain dengan kata lain yang semakna; menggunakan ungkapan lain untuk maksud yang sama dari informasi yang didengar; menyusun kalimat dengan ungkapan sendiri
*    Pola penyajian ide: pola urutan/kronologis; pola sebab akibat; pola contoh; pola proses

III.  Metode Pembelajaran :  Tanya jawab, penugasan

IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti 
(75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan parafrasa dalam berbagai aspek kehidupan dan dunia usaha/kerja

1.  Eksplorasi
a.  Siswa mengingat kembali tentang  pengertian parafrasa.
b. Siswa mempelajari teknik menyusun parafrasa
2.  Elaborasi
a.   Siswa memparafrasa kata/frasa/ ungkapan yang didengar dengan sinonim/parafrasanya secara kreatif.
b.   Siswa memparafrasa (memvariasi) berbagai jenis kalimat seperti aktif-pasif, langsung – tak langsung, variasi susun kata, serta variasi inversi secara kreatif..
c.   Siswa memparafrasakan teks ilmiah, puisi, dan drama/dialog sederhana yang telah dibaca dengan menggunakan bahasa sendiri berdasarkan kata-kata kunci yang telah diidentifikasi sebelumnya secara kreatif..
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.   Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai penguatan (reinforcement)

1.  Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati      
2.  Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memparafrasa kata/frasa/ungkapan, kalimat atau teks/wacana dalam dunia kerja.
3.  Informasi pelajaran lanjutan
4.  Doa penutup

2
1. Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan parafrasa dalam berbagai aspek kehidupan dan dunia usaha/kerja

1.  Eksplorasi
a.   Siswa mengingat kembali tentang  pengertian parafrasa.
b.   Siswa mempelajari teknik menyusun parafrasa
2.  Elaborasi
a.   Siswa memparafrasakan teks ilmiah, puisi, dan drama/dialog sederhana yang telah dibaca / didengar dengan menggunakan bahasa sendiri secara kreatif
b.   Siswa mengubah berbagai pola penyajian suatu teks dari sebab-akibat menjadi akibat-sebab, dari kronologis menjadi flash back, dari deduktif menjadi induktif, dari klimaks menjadi antiklimaks, dan proses-hasil menjadi hasil-proses secara kreatif.
3.  Konfirmasi
a.   Tanya jawab tentang kesulitan siswa
b.   Siswa menjawab pertanyaan lisan untuk penguatan (reinforcement)

1.  Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati      
2.  Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan memparafrasa kata/frasa/ungkapan, kalimat atau teks/wacana dalam dunia kerja.
3.  Informasi akan adanya evaluasi



Evaluasi formatif, pembahasan dan penilaian, remedi, pengayaan

Doa penutup


V. Sumber Belajar
a.  Modul Bahasa Indonesia Tk Madia, Drs.Maskurun dkk, LP2IP
b.  Kaset dari LP2IP
c.  Narasumber
d.  Kamus Besar Bahasa Indonesia


VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b.   Bentuk: Esai
c.   Instrumen:      Soal                             :  di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                             Kunci Jawaban            :  di dalam Buku Kunci (terlampir)
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir

Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS

Aspek karakter kreatif
1.   Berpikir /berusaha untuk menghasilkan sesuatu (karya, cara) yang baru
2.   Membuat  pernyataan / teks verbal yang orisinal
3.   Membuat bagan/grafik dengan tidak mencontoh teman/orang lain.
4.   Melakukan hal baru yang bernilai yang berbeda dengan temannya
karya-karya   baru baik yang otentik maupun modifikasi

Contoh soal evaluasi :
1.    Bacalah uraian tertulis di bawah ini, kemudian ungkapkan kembali secara lisan dalam bentuk yang lebih ringkas.
Pemanfaatan Internet
secara Sehat oleh Remaja (2)
Bagaimana statistik un­tuk penggunaan internet di Indonesia belum diketahui. Namun, tidak berlebihan jika kita harus mulai  waspada   terhadap penggunaan internet yang tidak sehat oleh kalangan muda. Pencegahan yang dapat dilakukan orang tua adalah dengan mengawasi pengguna­an internet oleh anak. Orang tua harus mengetahui bila anaknya telah terkena ”keta­gihan” pornografi di internet. Selain itu, orang tua juga sebaiknya memahami cara-cara yang biasa dipakai penyedia pornografi di internet untuk ”meracuni” kalangan muda.
Pada praktiknya, hal tersebut tidaklah mudah. Menjamurnya warung internet (warnet), misalnya, menyulitkan orang tua dalam mengawasi anaknya karena anak menggunakan internet di luar rumah. Selain itu, banyak juga orang tua yang ternyata belum familiar dengan seluk-beluk internet. Tidak ada jalan lain, kecuali orang tua harus mulai belajar menguasai internet. Biasanya program browser internet telah dilengkapi proteksi dengan sistem rating sehingga orang tua dapat menentukan informasi-informasi apa saja yang boleh dibuka.
Orang tua sebaiknya mengarahkan anak agar membuka internet di rumah sehingga dapat memantau mereka dengan lebih baik. Dan, tentu saja yang terbaik adalah dengan  membuka komunikasi dan berbicara dari hati ke hati dengan sang anak. 
(Kompas,  April 2004)
2.    Andaikan Anda seorang pemain sinetron, perankan dialog antara Hamid dan ibunya tentang kisah berikut:
      Hamid dinasihati ibunya agar tidak meneruskan cintanya kepada Zaenab. Hamid diminta agar ia tahu diri, mengingat ia orang miskin yang telah ditolong oleh orang tua Zaenab sehingga tidak sepantasnya kalau ia mencintai Zaenab. Seharusnyalah ia berusaha dengan segala daya untuk membalas budi kepada keluarga Zaenab, tetapi bukan dengan menjadikannya sebagai istri. “Buanglah jauh-jauh perasaan asmaramu, kalian itu kakak-adik,” kata Ibu Hamid dengan sangat sungguh-sungguh. 
      Hamid memuji ibunya yang memiliki perasaan amat peka terhadap perasaan anaknya. Hamid berusaha menyembunyikannya dalam-dalam, tetapi entah dari mana juga ibunya bisa tahu. Hamid pun menjelaskan bahwa bukan dialah yang memulainya, tetapi  Zaenab.  Zaenab yang pertama kali menyatakan perasaannya. “Mana berani saya mendahului, Bu,” kata Hamid. Mula-mula Hamid hanya merasa kasihan untuk menolak cinta  Zaenab, tetapi lama-lama tumbuh menjadi cinta yang amat mendalam.

3.    Parafrasakan puisi bertikut ke dalam bentuk prosa lisan.           
               Perempuan-perempuan Perkasa
Perempuan-perempuan yang  membawa bakul di pagi  buta, dari manakah mereka
Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa
Sebelum peluit kereta pagi terjaga, sebelum hari bermula dalam pesta kerja
Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta,  ke manakah mereka
Di atas roda-roda baja mereka berkendara
Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota merebut hidup di pasar-pasar kota
Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta, siapakah mereka
Mereka ialah ibu-ibu yang perkasa,
akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota
Mereka: cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa.  (Hartoyo Andangjaya)


PEDOMAN PENILAIAN


No Soal
Skor maksimal
TIAP ASPEK
Skor Total MaksIMAL
1
Ketepatan isi:5
5

Kelancaran penyajian:5
5

Kebahasaan:5
5



2
Ketepatan isi:5
5

Ekspresi pembawaan:5
5

Kebahasaan:5
5



3
Ketepatan isi:5
5

Kelancaran penyajian:5
5

Kebahasaan:5
5



4
Ketepatan isi:5
5

Kelancaran penyajian:5
5

Kebahasaan:5
5
Jml skor total maksimal
60


Nilai Akhir Maksimal =  (60  : 6) x 10  = 100

                                                                                                       ................., Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




..............................                                                             .....................................




 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2.7

Nama Sekolah                                 :   ..................
Program Keahlian                            :   .........................
Mata Pelajaran                                 :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                              :   XI / 3
Pertemuan                                       :   1 dan 2
Alokasi Waktu                                :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                        :   Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar                           :   2.7 Menerapkan pola gilir dalam berkomunikasi
KKM                                               :   70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa :    Demokratis (Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.)
Indikator                              :
*    Kata, bentuk kata, dan ungkapan dengan santun digunakan dalam komunikasi sehari-hari dan dalam diskusi secara demokratis
*    Memanfaatkan pola gilir dalam berkomunikasi secara efektif dalam suatu rapat atau pertemuan secara demokratis.

I.   Tujuan Pembelajaran      :
Pertemuan
Peserta didik dapat:
1
1.   memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang santun sesuai dengan situasi komunikasi dengan menerapkan pola gilir dalam komunikasi sehari-hari secara demokratis
2.   menerapkan/mempraktikkan tata cara diskusi kelompok dalam memecahkan masalah kelompok secara demokratis
2
3.   menerapkan pola gilir dengan baik dalam dan dalam rapat atau pertemuan secara demokratis.

II.  Materi Pembelajaran      :   
1.   Film/naskah/drama/sinetron: unsur intrinsik, peran,  dialog  
2.   Diskusi kelompok: sistem dan teknik diskusi, jenis diskusi, komponen (moderator, notulis, peserta, dan publik), pola gilir (tahap-tahap pembicaraan dalam diskusi)
3.   Pengaturan pola gilir oleh pewara atau juga moderator

III. Metode Pembelajaran    :    Tanya jawab, penugasan, diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti 
(75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1.  Salam pembuka; Doa,  Presensi
2.   Penjelasan dan tanya jawab tentang pentingnya kemampuan menerapkan pola gilir dalam kehidupan sehari-hari dan dalam diskusi dan dunia kerja.
3.   Penjelasan tentang tatacara penilaian
4.   Peserta didik membentuk kelompok beranggotakan   antara 4 – 5  orang

1.  Eksplorasi
a.  Siswa mempelajari tata cara berdiskusi
b.  Siswa mempelajari ungkapan yang santun dalam diskusi
c.  Siswa mempelajari kesalahan kesalahan kalimat yang sering terjadi untuk dihindari
2.  Elaborasi
a.   Siswa menerapkan pola gilir dalam komunikasi sehari – hari secara demokratis
b.   Siswa berdiskusi kelompok untuk membahas suatu tema (mncari solusi terhadap suatu masalah) secara demokratis
c.   Siswa memplenokan/ mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan menerapkan praktik diskusi yang baik secara demokratis.
d.   Siswa/kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok penyaji secara demokratis.
3.  Konfirmasi
a.   Masukan tentang pelaksanaan pleno (presentasi).  
b.   Penegasan simpulan / poin-poin hasil diskusi
c.   Tanya jawab lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement)

1.    Komentar peserta didik tentang proses pembelajaran  yang baru saja dilewati
 2.   Penegasan guru tentang manfaat kemampuan menerapkan pola gilir dalam kehidupan dan dunia kerja
3.    Informasi kegiatan belajar lanjutan
4.    Doa penutup

2
1.  Salam pembuka; Doa,  Presensi
2.   Penjelasan dan tanya jawab tentang pentingnya kemampuan menerapkan pola suatu rapat/pertemuan resmi
3.   Penjelasan tentang tatacara penilaian
4.   Peserta didik membentuk kelompok beranggotakan   antara 4 – 5  orang

1.  Ekaplorasi
a.   Siswa mempelajari tatacara penyelenggaraan suatu pertemuan/rapat.
b.  Siswa mempelajari ungkapan khas dalam kepewaraan
c.   Siswa mempelajari kesalahan kesalahan kalimat yang sering terjadi untuk dihindari
2.  Ekaplorasi
a.   Siswa dalam kelompok merancang susunan acara suatu kegiatan/acara dengan menerapkan prinsip demokrasi
b.  Siswa secara berkelompok menyusun /merancang kalimat-kalimat untuk membawakan acara dengan menerapkan prinsip demokrasi
c.   Siswa mempresentasikan pembawaan acara yang telah disiapkan dalam kelompok dengan menerapkan prinsip demokrasi
d.  Siswa lain menggapi secara demokratis
3.  Konfirmasi
a.   Masukan tentang presentasi pembawaan acara.  
b.   Tanya jawab lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement)
1.    Komentar peserta didik tentang proses pembelajaran  yang baru saja dilewati
 2.   Penegasan guru tentang manfaat kemampuan menerapkan pola gilir dalam kepewaraan
4.    Doa penutup



Remedi, pengayaan


V.  Sumber Belajar
a.   Modul Bahasa Indonesia
b.  Teks cerita dialog / drama
c.   Contoh susunan acara diskusi/seminar/rapat

VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian hasil karya
b.   Bentuk: Esai
c.  Instrumen:       Soal                             :  di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                             Kunci Jawaban            :  di dalam Buku Kunci (terlampir)
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir


Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS

Aspek karakter demokratis
1.  Cara berfikir yang mencerminkan kesamaan hak dan kewajiban dirinya dan orang lain,
2.  Cara bersikap yang mencerminkan kesamaan hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
3.  Cara bertindak yang mencerminkan kesamaan hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
4.  Cara berbicara dengan kalimat-kalimat yang santun yang mencerminkan asas demokrasi

Contoh soal evaluasi :
2.    Bentuklah kelompok yang terdiri atas  1 moderator, 2-3 penyaji,  1 notulis. Tampilkan pelaksanaan diskusi yang baik di depan kelas. (Siswa yang tidak sedang tampil diharapkan menjadi peserta yang aktif). Pilih 1 tema yang menarik bagi kelompok Anda.
(a)  Penjaminan tabungan masyarakat oleh pemerintah
(b) Penetapan UMP (Upah Minimum Propinsi)  / UMD (Upah Minimum Daerah)
(c)  Pengelolaan hutan oleh rakyat.
3.    Susunlah mata acara untuk kegiatan berikut dan simulasikan pembawaannya: (pilih salah satu):
- Perpisahan siswa kelas XII SMK 
- Malam tirakatan HUT Kemerdekaan RI
-  RAT Koperasi Unit Desa Sukamulya

PEDOMAN PENILAIAN

No Soal
Skor maksimal
TIAP ASPEK
Skor Total MaksIMAL
1
Kesesuaian isi  : 5
5

Kebahasaan: 5
5



2
Logika pendapat: 5
5

Kelancaran bicara: 5
5

Kebahasaan : 5
5



3
Kebenaran susunan acara:5
5

Kelancaran penyajian: 5
5

Bahasa penyajian: 5
5



Jml skor total maksimal
40

Nilai Akhir Maksimal =  (40 : 4) x 10 = 100


                                                                                                       ................, Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
((RPP) 2.8

Nama Sekolah                                  :  ..................
Program Keahlian                             :  ..............................
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                               : XI / 3
Pertemuan                                        : 1 - 2
Alokasi Waktu                                 :  4 jam pelajaran
Standar Kompetensi                         : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat madia
Kompetensi Dasar                            :  2.8 Bercakap-cakap secara spontan dengan mitra bicara dalam konteks kerja
KKM                                                :  70
Nilai Pendidikan Karakter Bangsa   : Bersahabat / komunikatif  (Tindakan yang memperlihatkan senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain)
Indikator:
*    Kata atau ungkapan untuk memulai dan mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun nonformal (misalnya pembawaan acara tv, radio, dan rapat) digunakan secara tepat,  efektif, dan komunikatif
*  Pola gilir percakapan secara aktif untuk keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan diterapkan secara komunikatif
*    Mengalihkan topik pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat dan komunikatif
*    Menyatakan pendapat yang berbeda secara komunikatif tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun

I.   Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.  menusun kalimat dengan kata atau ungkapan untuk memulai dan mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun nonformal (misalnya pembawaan acara tv, radio, dan rapat) secara tepat,  efektif, dan komunikatif
2.  menyajikan ungkapan/kalimat-kalimat untuk memulai dan mengakhiri suatu pembicaraan baik formal maupun nonformal (misalnya pembawaan acara tv, radio, dan rapat) secara tepat, efektif dan komunikatif
2
3.   mengalihkan topik pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat dan komunikatif
4.   menerapkan pola gilir percakapan secara aktif untuk keperluan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan secara komunikatif
5.  menyatakan ketidaksetujuan (pendapat yang berbeda) secara komunikatif tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun

II.  Materi Pembelajaran :   
*   Etika dan norma konversasi
*   Model ungkapan yang efektif (untuk mengawali dan mengakhiri percakapan/pembicaraan)
*   Kata/ungkapan bernuansa konflik yang harus dihindari
*   Wawancara                 

III. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, bermain peran,  penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
Keg Awal
(5 Menit)
Keg Inti 
(75 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1. Salam pembuka; Doa; Presensi
2. Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan mengawali dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan secara santun dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja seperti pembawaan acara tv, radio, dsb.
3. Penjelasan tentang cara penilaian proses
4. Pembentukan kelompok 3-5 orang.

Eksplorasi
a.  Siswa membaca contoh-contoh kalimat untuk mengawali pembicaraan pada berbagai situasi
b.                                            Siswa membaca contoh-contoh kalimat untuk mengakhiri pembicaraan pada berbagai situasi
Elaborasi
a.   Siswa dalam kelompok menyusun kalimat-kalimat untuk mengawali dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan pada berbagai situasi, misalnya pembawaan acara tv, radio, rapat)
b.   Siswa mempresentasikan kalimat- kalimat untuk memulai dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan pada berbagai situasi (misalnya pembawaan acara tv, radio, rapat)  secara komunikatif
c.  Siswa lain menanggapi penyajian kelompok/siswa penyaji secara komunikatif
Konfirmasi
a.   Masukan guru tentang penyajian siswa
b.   Tanya jawab lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement)
1. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan mengawali dan mengakhiri percakapan/ pembicaraan secara santun dalam bercakap-cakap, berdiskusi, atau berwawancara dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.
2. Informasi kegiatan belajar lanjut
3. Doa penutup

2
1. Salam pembuka; Doa; Presensi
2. Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan mengalihkan topik (topic switching) secara halus, mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan dan mengemukakan beda pendapat secara halus dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.
3. Penjelasan tentang cara penilaian
4. Pembentukan kelompok 3-5 orang.

1.  Eksplorasi
     Siswa mempelajari
*  ungkapan-ungkapan / kalimat- kalimat untuk mengalihkan topik (topic switching) secara halus,
* ungkapan mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan secara komunikatif
*  ungpakan untuk menyatakan ketidaksetujuan (pendapat yang berbeda) secara komunikatif tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun
2.  Elaborasi
a.  Siswa dalam kelompok mempraktikkan pengalihan pembicaraan (topic switching) secara halus dengan menggunakan ungkapan yang tepat dan komunikatif
b.  Siswa dalam kelompok menyusun kalimat-kalimat untuk mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan secara komunikatif
c.                                        Siswa dalam kelompok menyusun kalimat ketidaksetujuan (pendapat yang berbeda) secara komunikatif tanpa menimbulkan konflik secara halus dan santun
d.  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan cara diundi atau tunjukan guru secara acak.
3.  Konfirmasi
a.  Umpan balik / masukan siswa dan guru terhadap penyajian siswa
b.  Tanggapan balik siswa terhadap masukan guru.
1. Penegasan guru tentang pentingnya kemampuan mengalihkan topik (topic switching) secara halus, mengajukan pertanyaan, tanggapan, pendapat, atau menyatakan penghargaan dan mengemukakan beda pendapat secara halus dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.
2.         Doa penutup


V.  Sumber Belajar
a.   Modul Bahasa Indonesia
b.   Narasumber

VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis, lisan/perbuatan, penilaian proses, penilaian portofolio
b.   Bentuk: Pilihan ganda, esai
c.  Instrumen:       Soal                             :  di dalam Buku Evaluasi (terlampir)
                             Kunci Jawaban            :  di dalam Buku Kunci (terlampir)
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir

Lembar Penilaian Proses Terpadu antara Soft skill / Sikap / Karakter dan Akademik
(dengan bobot: Soft skill = 20%; Akademik = 70%; Tugas = 10%)



NILAI KARAKTER (0-100)
AKADEMIK
NILAI
NILAI
NILAI
KET
NO
NAMA
ASPEK  (@ maks 25)
RATA2
AWAL
RMD
PNGAY
NAK
PRAK
TUGAS
AKHIR
TUNTAS/


1
2
3
4
(N1)
(0-100)
(0-100)
(TAMB)
(N2)
(N3)
(N4)
SK/KD
BELUM
PRODI :
AV




20%



70%

10%


01
 Desi Hermawati
25
25
25
25
100
100


100

100
100
 TUNTAS
02
 Devia Yuliantary
10
10
10
10
40
100


100

100
88
 TUNTAS
03
 Ika Riyanti     
25
25
25
25
100
50
78

70

100
79
 TUNTAS
04
 Lina Novi Ani
20
20
20
20
80
80

5
85

90
85
 TUNTAS
Aspek karakter komunikatif / bersahabat
1. Senang berbicara
2. Senang bergaul
3. Senang bekerja sama
4. Berbicara secara santun

Contoh soal evaluasi :
Lakukan hal-hal berikut!
1.    Mengawali pembawaan acara rapat pada suatu malam dengan sapaan dan salam.
2.    Mengawali pembicaraan telepon dengan orang yang Anda hormati.
3.    Mengawali pembicaraan untuk menerima telepon di kantor.
10.  Menyatakan ketidaksetujuan secara halus dan memberi solusi yang tepat terhadap masalah berikut.         
      “Kota ini semakin padat. Hampir setiap pagi ketika orang berangkat bekerja atau sore ketika mereka pulang, jalan ini selalu macet. Faktor yang menjadi penyebab utama menurut hemat saya ialah di samping sempitnya jalan  juga masih beroperasinya andong dan becak yang  jalannya sangat lambat sehingga menghambat kendaraan lain.”       

PEDOMAN PENILAIAN

No Soal
Skor maksimal
TIAP SOAL
Skor Total MaksIMAL
1-11
Ketepatan isi: 5
5

Kebahasaan: 5
5

Kelancaran: 5
5

Ekspresi:5
5



Jml skor total maksimal: 20 x 5 soal
100

Nilai Akhir Maksimal = 100
                                                                                                       ..................., Juli 2011
Mengetahui                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah









           







Tidak ada komentar:

Posting Komentar